Beranda Ekonomi Atasi 300 Ribu Pengangguran, Kesbangpol DKI Dorong Generasi Muda Jadi Wirausaha

Atasi 300 Ribu Pengangguran, Kesbangpol DKI Dorong Generasi Muda Jadi Wirausaha

101
0
BERBAGI

CISARUA – MASIH adanya 300.000 warga DKI yang menganggur merupakan tantangan sendiri bagi pemerintah DKI Jakarta. Kemampuan mengatasi problem pengangguran ini merupakan ukuran bagi keberhasilan pelaksanaan program pemerintah.

Karena itu, dalam rangka membantu Gubernur Anies Baswean, Plt. Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri mengadakan kegiatan “Peningkatan Ketahanan Ekonomi Angkatan Ke-IV Tahun 2018 di hotel Grand Mutiara, Cisarua, Jawa Barat selama 3 hari, Selasa-Kamis, 24-27 Juli 2014.

“Kami akan menggandeng Oke Oce dan Disnaker di 5 wilayah untuk  mengajak kaum muda baik anggota maupun binaan dari peserta kegiatan ini yaitu dari unsur Karang Taruna, Remaja Mesjid, Pramuka, dan Madrasah Aliyah untuk ikut program Kesbangpol DKI Jakarta,” ujar Taufan ketika membuka kegiatan di Cisarua, Selasa (24/7/2018).

Menurut Taufan, Kesbangpol DKI Jakarta sebelumnya sudah pernah mengadakan kegiatan pelatihan kuliner bagi ibu-ibu di beberapa wilayah. Program pengembangan wirausaha ini memang dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan ibu-ibu.

Alumnus Fisip Universitas Nasional Jurusan Sosiologi ini menuturkan, dengan mendorong kaum muda menjadi wirausaha maka selain mereka minimal 1-2 pekerja akan mereka ikut sertakan. Misalnya, mereka membuat usaha bakso, maka minim akan butuh 1 orang pekerja yang berjualan.

Kesbangpol DKI Jakarta juga memfasilitasi adanya lembaga pendanaan untuk membantu kaum muda mengembangkan start up (bisnisnya). “Kami sudah beberapa kali menggandeng Bank DKI dan motivator untuk terus membangkitkan semangat kaum muda untuk mengembangkan kreatifitasnya di bidang usaha,” tegasnya.

Taufan menambahkan, untuk wilayah Jakarta Pusat (JP) ada 300 UKM binaan Kesbangpol DKI Jakarta yang sudah mengembangkan usaha di pelbagai bidang kegiatan.

Sementara itu, Kasubdit Ketahanan Ekonomi, Seni dan Budaya Kesbangpol DKI Jakarta, Dra. Yayuk Hari S, dalam laporan kegiatannya mengatakan, narasumber kegiatan ini diambil dari praktisi dan akademisi yang berpengalaman. Dari anggota  DPRD Prov. DKI Jakarta, R. Khotib Achyat S, mengulas soal “Peran Legislatif dalam Rangka Peningkatan Ekonomi  Kreatif,”  Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian dan UKM, mengulas “Strategis memperkuat Ketahanan Ekonomi  masyarakat  Melalui ogram Gerakkan Kewirausahan Nasional,” Direktur  Bank DKI membahas tentang “Peran Perbankan dalam Pengembangan Sektor Usaha Kecil Menengah Warga DKI Jakarta,  Kasubdit Ekonomi Polda Metro  jaya,  “Peran Polri  dalam menjaga Stabilitas keamanan Ekonomi  di Prov. DKI Jakarta,”  Asesor Kompetensi Kementerian  Pariwisata Trainer dan Motivator, H. Pay Paiya, membahas soal “Pengembangan Ekonomi  Kreatif dalam menciptakan lapngn kerja di Masyarakat”  dan terakhir Trainer  dan Motivator, Riany Linardi, membahas, “Menciptakan  Entrepreneurship  di Masyarakat.”  (Zul dan Endi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here