Beranda Ekonomi Kemendagri Dorong Ormas UKM dan IKM untuk Memperkuat Ketahanan Ekonomi Nasional

Kemendagri Dorong Ormas UKM dan IKM untuk Memperkuat Ketahanan Ekonomi Nasional

110
0
BERBAGI

JAKARTA – KEMENTRIAN Dalam Negeri RI mengadakan kegiatan Forum Kemitraan  Organisasi Kemasyarakatan dengan Ormas UKM IKM Nusantara pada tanggal 25 September 2018 bertempat di Balroom Hotel Aryaduta Jakarta. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Organisasi Kemasyarakatan, Drs. Lutfi TMA, M.Si.

Dalam Sambutannya, Lutfi yang pernah menjadi Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya mengatakan bahwa UKM dan IKM bukanlah menjadi sesuatu yang asing bagi beliau.

“Saat ini ada sekitar 57 juta pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia, ini adalah potensi yang luar biasa. Pemerintah telah mengupayakan berbagai program agar tercipta UKM dan IKM yang mandiri,” ujar  Lutfi.

Menurut Lutfi, Kemendagri melihat permasalahan yang dihadapi UKM  dan IKM selama ini selalu sama, yaitu skill, modal, dan bahan baku. Padahal, salah satu amanat Nawacita adalah mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik. Kemendagri mendorong Ormas yang memiliki kepedulian terhadap UKM dan IKM untuk membangun Ketahanan Ekonomi Nasional.

Kepala Subdirektorat Kemitraan dan Pemberdayaan Ormas, Prayogo Heri Cahyono, SE, MM, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Forum Kemitraan Ormas diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari Perwakilan pengurus Ormas UKM dan IKM Nusantara. Prayogo menyatakan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan sinergisitas terutama dalam bidang ekonomi dalam rangka membangun bangsa berdasarkan Pancasila.

Pada kesempatan ini turut hadir Ketua Umum Ormas UKM IKM Nusantara, Candra Manggih Rahayu. Dalam sambutannya, beliau menekankan UKM harus bisa mandiri dan berdiri di kaki sendiri, dan model pemberdayaannya tidak hanya bussines to bussines tapi juga bussines to government. “Kami berharap Pemerintah bisa mendukung hal ini,” ujarnya. (Endi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here