Beranda Politik Masa Kampanye, Taufan Minta FKUB Jaga Kerukunan Umat Beragama

Masa Kampanye, Taufan Minta FKUB Jaga Kerukunan Umat Beragama

41
0
BERBAGI

CISARUA – KEHIDUPAN kerukunan agama yang harmonis pada masyarakat Ibukota Jakarta saat ini harus terus dijaga agar  tetap kondusif. Apalagi jelang pelaksanaan Masa Kampanye dari 23 September sampai bulan April tahun depan, peranan kaum pemuka agama sangat diperlukan untuk tetap menjaga iklim politik ibukota agar tetap kondusif dan terhindar dari potensi-potensi konflik yang dapat mengganggu stabilitas dan keamanan.

Harapan itu disampaikan Kepala Plt. Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si ketika membuka kegiatan “Peningkatkan Kerukunan Umat Beragama Angkatan Ke-8 Tahun 2018 di Hotel Griya Astuti, Cisarua, Jawa Barat, selama 3 hari, Selasa-Jumat, 25-28 September 2018.”

Menurut Taufan, tahapan masa kampanye merupakan momen politik yang tinggi suhu politiknya. Karena itu, dalam menyikapi dan mengantisipasi berbagai potensi konflik tersebut, maka Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DKI Jakarta mengajak peran serta kaum ulama dan pemuka agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jakarta untuk tetap menjaga kerukunan umat beragama.

“Mari kita bangun Jakarta dengan menjauhkan diri dari sikap menyebar kebencian, cegah berita hoax, dan jaga lingkungan 1 x24 jam,” pinta Taufan.

Dalam laporan kegiatannya, Kasubid Kerukunan Umat Beragama, Drs. Ridwan Rusli, MM mengatakan  kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan penyuluhan kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta tokoh suku atau etnis mengenai nilai-nilai dasar kerukunan umat beragama dalam membangun sikap toleransi saling menghormati dan menghargai antar umat beragama guna memperkuat dasar-dasar keuntungan kerukunan hidup antar umat beragama serta dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat

Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 110 orang terdiri dari organisasi keagamaan dan lembaga keagamaan. Adapun yang memberikan materi R.Khotibi Acyhar,S.IP, Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, dengan materi, “Peran DPRD DKI Jakarta dalam Menampung Aspirasi Masyarakat,” Letkol Sunaryo Saripan, Kemenhan RI, “Peran TNI Dalam Rangka Peningkatan Kerukunan Umat Beragama di Provinsi DKI Jakarta.”

Pada hari Kamis, ada narasumber yaitu Dr. Firdaus Syam, MA, Dosen Pasca Sarjana UNAS Jakarta, “Membangun Harmonisasi Umat Beragama di Era Media Sosial,  Benny Sudarmaji, Tim Motivator Maksima Organizer “Pelatihan Kepemimpinan Pemuka Agama Indonesia dengan Harapan Menjadi Pemimpin Bangsa yang Mencintai Tanah Air dengan Segala Ragam Agama,  Seni dan Budaya,” Ade Nurma, Tim Motivator Naksima Organizer,   “Mencintai Perbedaan Agama dan Budaya Melalui Komunikasi yang Efektif.” (Zul dan Endi).

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here