Beranda Nasional Kesbangpol DKI Jakarta Terus Mantapkan Kadar Bela Negara

Kesbangpol DKI Jakarta Terus Mantapkan Kadar Bela Negara

29
0
BERBAGI

CISARUA –   KOMPOSISI penduduk DKIJakarta yang multi etnis, ragam bahasa suku bangsa, agama dan kelas sosial ekonomi yang berbeda ini diharapkan bisa menjadi kekuatan yang mampu digunakan untuk menggerakkan program-program pembangunan.

Pernyataan itu disampaikan Plt. Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si pada saat membuka kegiatan “Pemantapan Kader Bela Negara Angkatan IX 2018 di Hotel Griya Wisata, Selasa (22/10/2018).

Menurut Taufan, dengan  komposisi penduduk Jakarta yang heterogen, Kesbangpol DKI Jakarta juga menghadapi masalah terkait persoalan Bela Negara.

Masalah itu berupa, ancaman menurunnya kesetiaan kepada ideologi Pancasila di kalangan generasi Milineal, konflik etnis, konflik agama, serta masalah lainnya. .

Jadi ancaman terhadap Bela Negara itu bukan hanya melulu masalah pertahanan dari luar negeri, tetapi juga melemahnya solidaritas antar masyarakat, masalah banyaknya ujaran kebencian dan Hoax di masyarakat.

Karena itu, kata Taufan, Kesbangpol DKI Jakarta mengundang seluruh perwakilan elemen masyarakat mulai dari LMK Majelis Taklim, LSM. Ormas, dan generasi muda untuk bersama melihat ancaman dan tantangan terhadap Bela Negara baik dari faktor internal, maupun eksternal.

Menurut Taufan, sekarang ini tantangan terhadap keutuhan dan kedaulatan negara maupun keselamatan bangsa tidak lagi bersifat tradisional atau ancaman militer.

“Melainkan sudah bersifat multi dimensi dan berada di setiap lini kehidupan. Maka itu, bentuk aktualisasi kecintaan terhadap tanah air dan nasionalisme kita tentu jauh berbeda dengan era perjuangan para pendahulu kita,” kata Taufan jebolan UGM bidang Kebijakan Publik ini.

Lebih lanjut Taufan, banyak tantangan yang dihadapi saat ini, semakin lama semakin kompleks. Kemudahan dan kecangihan akses digitalisasi internal telah mengubah lanskap politik, ekonomi, dan sosial budaya.

“Kami berharap teman-teman yang hadir di sini agar terus  waspada dari upaya-upaya memecah bangsa, melawan upaya pihak yang ingin memecah belah NKRI,” pungkasnya. (Zul dan Endi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here