Beranda NAKER BNP2TKI Gandeng Lembaga Pendidikan Rekrut PMI Ke Luar Negeri 

BNP2TKI Gandeng Lembaga Pendidikan Rekrut PMI Ke Luar Negeri 

27
0
BERBAGI

JAKARTA – PENEMPATAN Pekerja Migran Indonesia ke luar negeri terus mendapat perhatian sejak Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) berdiri tahun 2006.

Program penempatan ini telah berjalan yaitu melalui skema kebijakan Private to Private (P to P), Government to Private (G to P), Government to Government (G to G), Penempatan untuk kepentingan perusahaan sendiri (Intern Corporate Transfered) dan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) atas kehendak sendiri (Pekerja Mandiri).

Salah satu instrumen kebijakan untuk mempromikan PMI terdidik yaitu mengikuti ajang pameran PMI baik di dalam maupun di luar negeri. Untuk tahun 2018 ini, BNP2TKI melalui Kedeputian Kerjasama Luar Negeri (KLN) dan Promosi telah berpartisipasi dalam kegiatan Trade Expo Indonesia (TEI) sejak tahun 2008 dan menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan oleh BNP2TKI dalam rangka mempromosikan PMI Terampil ke calon pengguna (user) ataupun agensi dari luar negeri yang hadir dalam kegiatan TEI.

Menurut Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promosi BNP2TKI, Drg. Elia Rosalina Afif, MARS, MKK, kegiatan TEI tahun 2018 ini BNP2TKI menempati Hall 5 booth 48-50 Gedung ICE BSD. Pada pameran ini BNP2TKI juga telah mengajak partisipasi 12 Institusi Pendidikan dan Vocational Training dari sektor-sektor unggulan seperti Hospitality, Kesehatan, Manufaktur dan IT untuk mengisi Booth yang telah disediakan dan juga menampilkan Skill Demonstration selama kegiatan TEI berlangsung. BNP2TKI juga akan menampilkan produk-produk hasil pemberdayaan PMI Purna yang diharapkan dapat menjadi peluang bisnis dengan buyer/ pengusaha dari luar negeri

“Kami berharap para pengusaha (buyers) yang dibawa langsung oleh Perwakilan RI di luar negeri bisa mendapat PMI terdidik di negara-negara penempatan,” harap Elin sapaan akrabnya.

Pada Pameran tahun ini seperti biasanya juga ada  kegiatan Employment Business Meeting (EBM) yang dilaksanakan 2 kali yaitu pada tanggal 24 Oktober 2018 di JHL Solitaire Serpong Tangerang dan tanggal 26 Oktober 2018 di ruang Garuda 5 a dan b Gedung ICE BSD.

Kegiatan EBM ini bertujuan untuk :

  1. Memfasilitasi pertemuan antara Calon Pengguna dan Agensi dari Luar Negeri dengan Para PPTKIS dan Sumber Supply Calon Pekerja Migran Indonesia di Dalam Negeri dalam forum one on one meeting.
  2. Mendapatkan informasi terkini tentang potensi lowongan jabatan berikut kualifikasi kompetensi dan sertifikasi yang bisa di isi oleh Pekerja Migran Indonesia khususnya di negara-negara non traditional countries.
  3. Sharing informasi mengenai potensi suplai Pekerja Migran Indonesia di berbagai sektor unggulan seperti Tenaga Kesehatan, Hospitality dan Manufaktur.

Elin menambahkan, adapun kegiatan EBM Tanggal 24 Oktober 2018 akan dihadiri 5 perusahaan dan agensi dari Polandia yang membutuhkan PMI di sektor pengelasan (welder), careworker dan supir truk.  Selanjutnya pada EBM tanggal 26 Oktober 2018 akan dihadiri perusahaan dan agensi dari Kuwait, Jepang dan Malaysia. Dari dalam negeri telah mendaftar kurang lebih 25 P3MI yang akan menjadi mitra dalam one on one meeting dengan calon pengguna dan agensi dari luar negeri.

“Kami berharap pada kegiatan TEI tahun 2018 ini dapat menghasilkan peluang-peluang kerja untuk PMI terampil di berbagai sektor baik khususnya di negara-negara non tradisional,” pungkas Elin. (Zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here