Beranda NAKER TEI 2018, Mitra Dalam dan Luar Negeri Apresiasi EBM BNP2TKI

TEI 2018, Mitra Dalam dan Luar Negeri Apresiasi EBM BNP2TKI

55
0
BERBAGI

SERPONG – EMPLOYMENT Business Meeting Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) yang berlangsung hari Jum’at ini di Gedung Garuda, Hall 5 ICE BSD Serpong mendapat apresiasi dari mitra kerja dalam dan luar negeri.

“Saya senang ada EBM BNP2TKI. Dari Forum ini kita mengharapkan ada penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ingin bekerja ke Rumania,” ujar Andrea Kusu, Staf Diplomatik KBRI Rumania ketika diminta moderator untuk menyampaikan sambutan dalam 1 menit.

Dalam perkenalanya Andrea mengatakan, saat ini jumlah pekerja Indonesia yang ada di Rumania tidak lebih dari 60 orang. Permintaan yang banyak saat ini yaitu di  hospitality, salon, pembangunan dan pertanian.

“Kita dorong agar PMI agar jangan kalah  dengan Nepal dan Vietnam  yang saat ini sudah banyak pekerjanya di Rumania,” harap Andrea yang fasih berbahasa Indonesia ini.

Kesan yang sama juga dirasakan oleh Direktur Utama PT. Haena, Dede. Menurut Dede, ada banyak permintaan tenaga kerja yang dia dapat dari pertemuan Employment Business Meeting BNP2TKI ini.

Ditanya  soal jumlah, Dede belum bisa memastikan. Ini disebabkan, karena forum EBM ini kan merupakan tahap awal penjajakan antar buyer (pencari tenaga kerja dari luar negeri dengan kita, pengusaha, sebagai penyedia tenaga kerjanya.

Setelah EBM ini, kata Dede, biasanya akan dilanjutkan dengan saling bertukar data melalui electronic mail (email) hingga akhirnya keluar demand letter (permintaan tenaga kerja).

“Paling lama waktunya kira-kira satu bulan setengah, kita akan bisa mengirim pekerjanya ke negara penerima,” paparnya.

Dede menambahkan, rata-rata tiap bulan perusahaanya mengirim sekitar 150-200 pekerja ke semua sektor di semua negara penempatan. Pekerja yang dikirim ini semua di sektor formal, atau bekerja di perusahan berbadan hukum.

Diakuinya, BNP2TKI sangat memberikan andil dalam memberikan P3MI mendapatkan permintaan tenaga kerja, utamanya melalui even EBM ini.

“Saya mengharapkan agar even ini bisa dilakukan lebih sering karena sangat dirasakan manfaatnya oleh kami,” akunya. (Zul)

Berikut petikan wawancaranya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here