Beranda Budaya Lagi, Kesbangpol DKI Jakarta Gelar Kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Budaya Lokal terhadap Dominasi...

Lagi, Kesbangpol DKI Jakarta Gelar Kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Budaya Lokal terhadap Dominasi dan Pengaruh Budaya Asing

111
0
BERBAGI

CISAURA – GENERASI Muda merupakan elemen masyarakat yang paling rentan terhadap pengaruh budaya asing yang dibawah oleh globalisasi dan modernisasi yang terjadi di ibukota.

Karena itu, guna mengantisipasi dampak negatif budaya asing, Kesbangpol DKI Jakarta menggelar Kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Budaya Lokal terhadap Dominasi dan Pengaruh Budaya Asing Angkatan VII.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa-Jum’ at, (30/10-2/11/2018) di hotel Tjokro Jalan Raya Puncak Km 84 Cisarua Bogor. Peserta kegiatan sebanyak 120 orang yang berasal dari Yayasan Universitas Bung Karno, Universitas Persada Indonesia, Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta, Brigade anak Jakarta atau Braja, Duta Bahasa DKI Jakarta.

Menurut Kasubbid Ketahanan Ekonomi, Seni dan Budaya, Drs. Yayuk Hari S, kegiatan ini dimakudkan untuk memberikan pemahaman dan kemantapan akan pentingnya nilai budaya lokal bagi generasi muda dalam menghadapi terpaan pengaruh budaya asing yang negatif berlawanan dan mendominasi. Memberikan pemantapan akan berbagai nilai budaya lokal yang ada di Indonesia terutama di Jakarta. Dan juga untuk memberikan penyadaran pentingnya menjaga dan mengaplikasikan budaya lokal yang nantinya dapat terlihat dalam karakter suatu bangsa.

Ada 5 Sesi pembahasan.  Sesi 1, “Peran dan Tanggung jawab Pemuda Jakarta dalam Melestarikan dan Memasyarakatkan Seni dan Budaya Betawi sebagai Identitas Ciri Khas Daerah,” oleh Syarif, anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Sesi 2, “Pencegahan Masuknya Budaya Asing yang Tidak Sesuai dengan Pancasila ke Indonesia,”  Kabinda Provinsi DKI Jakarta, Agus.

Sesi 3, “Seni dan Budaya sebagai Perekat Identitas Bangsa,” Direktur Ketahanan Ekososbud Dirjen Polpum Kementerian Dalam Negeri RI.

Sesi 4, “Merangkai Budaya Nusantara dalam Bentuk film “Dr.Cand Sudibyo, akademisi.

Sisi 5, “Hidup dengan Jiwa dalam Laku Seni Tradisi di Zaman Now,”  ZakSorga, Zakaria, Budayawan/ Motivator

Sesi 5, “Ketahanan Seni dan Budaya di Era Digital melalui Generasi Muda dan Pelaku Seni Tradisional,” Tri Aru Wiratno, S,Sn, M.Si. (Endi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here