Beranda Politik Tingkatkan Partisipasi Politik, Kesbangpol DKI Jakarta Harapkan Panwascam Berperan Maksimal

Tingkatkan Partisipasi Politik, Kesbangpol DKI Jakarta Harapkan Panwascam Berperan Maksimal

70
0
BERBAGI

CIPAYUNG – BADAN Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DKI Jakarta mengharapkan seluruh anggota Pengawasan Pemilu Tingkat Kecamatan (Panwascam) agar bisa mengawal jalannya Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 dengan prinsip Luber (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia) dan Jurdil (Jujur dan Adil).

“Petugas Pengawas Kecamatan harus berintegritas, profesional, dan bermoral. Tahun depan ada dua even yang harus mendapat pengawasan yaitu Pileg dan Pilpres Serentak 2019,” kata Kepala Plt. Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si saat membuka kegiatan “Peningkatan Pemahaman UU Bidang Politik Angkatan VII Tahun 2018” di Hotel Ria Diani, Cipayung, Selasa (30/10/2018).

Menurut Taufan, di tengah kompetisi politik yang kian meningkat persaingan internal dan eksternal pada pemilu mendatang, keberadaan anggota Panwascam semakin penting.

“Pengawas TPS harus memastikan seluruh proses pemungutan dan penghitungan berlangsung sesuai dengan dengan aturan yang berlaku. Kemudian, hasil rekapitulasi suara yang tertuang berita acara dan sertifikat harus sama dari tingkat KPPS hingga KPU,” terang Taufan.

Panwascam sebagai Badan penyelenggara Pemilu harus profesional, independen independen jika menyelenggarakan Pemilu semata-mata berdasarkan peraturan perundang-undangan dan kode etik penyelenggaraan pemilu.

PEMILU 2019, lanjutnya, adalah Pemilu Serentak yang berlangsung di seluruh Indonesia. Sistem termasuk di Jakarta. Pemilu Serentak 2019 ini ditandai dengan tidak adanya foto pada Calon Anggota Legislatif.

Karena itu, lanjut Taufan, sistem pemilihan yang baru ini dikhawatir“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membantu mensukseskan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019,” ujarnya.

Bagi Kesbangapol DKI Jakarta, kata Taufan, Pemilu juga merupakan indikator untuk mengukur partisipasi politik warga dalam memilih pemimpinnya baik di Legislatif maupun memilih Presiden.

Dijelaskannya, peran serta aktif anda untuk mengedukasi masyarakat agar ikut memilih Pemilu 2019 akan meningkatkan partisipasi politik warga sekaligus meningkatkan kualitas demokrasi kita ke depannya.

“Peningkatan skore Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) di Jakarta yang merupakan skore IDI di Indonesia ini tidak terlepas dari peran anda dan Pemda tentu berterimakasih, Karena itu, kami berharap anda juga mengawal Pemilu 2019 agar IDI Jakarta terus meningkat,” pungkas Taufan. (Zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here