oleh

Awal Tahun, Kesbangpol DKI Jakarta Buka Kegiatan Kemah 200 Kader Bela Negara

B0G0R – SEBANYAK 200 Patriot dan pembela bangsa mengikuti kegiatan Kemah Bela Negara yang diadakan Kesbangpol DKI Jakarta. Kegiatan bertema “Pemantapan Bela Negara” Angkatan Pertama Tahun 2019 ini digelar guna terus memantapkan cinta Bela Negara di kalangan generasi muda.

“Semua warga negara harus punya tekad untuk membela negara. Bela negara bisa dimulai dari rumah seperti membersihkan rumah, dan bergotong royong bersama tetangga untuk menjaga kebersihan lingkungan,” ujar  Plt. Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si di Griya Astuti, Bogor, Rabu (6/2/2019).

Taufan menjelaskan, 200 orang yang mengikuti kegiatan Kemah Bela Negara ini  selama 2 hari akan diberikan  materi  cinta Bela Negara  dari berbagai tokoh baik dari kalangan sipil, akademisi, dan dari TNI  yaitu Asisten teritorial Kodam Jaya, Kolonel Jacky  dengan judul “Antisipasi Ancaman dan Gangguan terhadap NKRI dan Memantapkan Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa.”

Dalam paparaannya yang hampir 1 jam, Taufan mengatakan persoalan Bela Negara akhir-akhir ini dapat dikatakan belum maksimal dijalankan bahkan sepertinya Indonesia jaman sekarang sudah lupa akan pentingnya bela negara bagi Indonesia. Ketahuilah, bangsa dan negara tidak akan pernah maju jika rakyatnya tidak memiliki semangat untuk membela negaranya terutama kita kurang peduli terhadap ancaman dan gangguan terhadap bangsa atau negara baik yang datang dari dalam maupun datang dari luar.

Karena itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta mengadakan kegiatan Kemah Bela Negara ini untuk memberikan pemahaman serta pemanfaatkan tentang tanah air bangsa dan negara, serta melakukan upaya untuk memantapkan dengan negara sehingga setiap warga negaranya sadar dan memenuhi kewajiban bela negara dan dapat merealisasikan perannya dalam upaya bela negara di lingkungan masing-masing serta menanamkan rasa kecintaan kepada negara bangsa dan meningkatkan semangat Patriotisme semua kemampuan diri, melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok.

Plt. Kesbangpol DKI Jakarta juga menekankan perhatian bahwa bela negara juga terkait dengan paritisipasi anda dalam Pemilu Serentak 2019.  Dalam waktu dekat tepatnya tanggal 17 April 2019 kita bangsa Indonesia akan menyelenggarakan hajat nasional yaitu pemilihan presiden wakil presiden sejaligus pemilih Calon Legislatif.

“Sebagai warga negara yang baik saya himbau kiranya kita dapat mempergunakan hak pilih Oleh karena itu saya mengajak kita semua dan para peserta yang mengikuti kegiatan kemah bela negara, yang salah satu mewujudkan bela negara tersebut adalah bagian berpartisipasi dan mendukung serta menyukseskan Pemilu presiden dan wakil presiden dan pemilu legislatif,” paparnya.

Taufan menambahkan,  pilihan boleh beda namun kebersamaan dalam bingkai negara kesatuan republik tetap kita jaga dan kita pupuk bersama-sama.

“Saya mengajak kita semua untuk terus berupaya memberikan yang terbaik bagi kemajuan dan kepentingan bangsa dan negara yang kita cintai bersama, mulai dari provinsi DKI Jakarta sebagai ekspresi cinta tanah air dan bela negara demi mantapnya persatuan dan kesatuan bangsa,” harapnya.  

Kegiatan Kemah Bela  bertema “Pemantapan Bela Negara” diikuti peserta dar Forum masyarakat lembaga dakwah pemuda Islam 25 orang, Majelis Sunda kebangsaan Provinsi DKI Jakarta 25 orang, DPW Forum Ketahanan Nasional (Fortanas) DKI Jakarta, Lembaga kebudayaan dari segi Islam (LEKSI) DKI Jakarta, Forum Bela Negara FBN DKI Jakarta, dan Barisan muda Demokrat Indonesia. (Zul dan Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed