oleh

Optimalkan Peran Ormas, Kesbangpol DKI Jakarta Kumpulkan 39 Ormas di Puncak

CIPAYUNG – UNTUK mengoptimalkan peran fungsi organisasi kemasyarakatan dan sekaligus dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya dalam Pemilu Serentak Rabu, 17 April 2019 agar dapat berjalan kondusif aman dan lancar, Kesbangpol DKI Jakarta mengumpul 39 Ormas di Hotel Grand Cempaka.

Kegiatan yang berlangsung sejak Senin-Rabu 11-13 Maret 2019 ini dibuka langsung oleh Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si. Dalam sambutannya, Taufan mengharapkan pelaksanaan kegiatan semacam ini tidak menjadi kegiatan rutinitas tahunan biasa namun lebih dari itu diharapkan menjadi ajang forum silaturahmi, sekaligus menambah wawasan serta menggali informasi kondisi aktual Jakarta dengan gambaran solusinya.

“Dari kegiatan ini tentu pikiran dan pendapat masing-masing yang berkembang diharapkan akan memberikan warna tersendiri dalam kontribusinya terhadap pembangunan DKI Jakarta,” papar Taufan.

Dia menjelaskan, peran strategis Ormas di Ibukota yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki masing-masing ini dituntut untuk dapat berkontribusi dalam upaya mendorong partisipasinya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Pemprov DKI mengharapkan melalui pelaksanaan kegiatan ini teman-teman Ormas kan mengambil peran yang signifikan dalam merespon berbagai persoalan bangsa khususnya yang mengancam persatuan dan kesatuan.

Taufan memaparkan, berbagai permasalahan sosial yang tumbuh dan berkembang tidak berdiri sendiri merupakan rentetan persoalan yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. tidak mengenal tempat dan wilayah sehingga sangat dibutuhkan upaya-upaya bersama dan mengatasinya dengan membangun komunikasi dan koordinasi

Adanya beberapa potensi kerawanan pemilu yang merupakan tantangan demokrasi, baik melalui politik identitas, ujaran kebencian, dan kampanye hitam akan berdampak terhadap meningkatnya suhu politik nasional penyebaran berita hoax pemberitaan palsu atau di rekayasa di media sosial salah satunya sangat mahal sehingga berdampak negatif bagi masyarakat, berpotensi menimbulkan konflik kekerasan, rasa tidak aman bahkan menimbulkan konflik suku agama ras, antar golongan(SARA).

Oleh karena itu, pemerintah daerah dengan berbagai elemen masyarakat yang termasuk ormas perlu bersama-sama bersinergi meningkatkan kesiapsiagaan dalam upaya meningkatkan kehidupan demokrasi dan mewujudkan kesamaan persepsi yang kuat, berkesinambungan sehingga kondusif, aman dan damai.

Melalui kegiatan ini,  Bakesbangpol DKI Jakarta bersama seluruh Ormas dapat mensukseskan program kerja Pemda DKI Jakarta mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, modern dan melayani. DKI Jakarta mengajak kepada seluruh anggota dan pengurus ormas agar aktif dalam melihat program-program kerja Pemda DKI Jakarta guna bisa ikut berpartisipasi dalam mensukseskannya.

“Ormas harus memiliki kecerdasan, berprestasi, punya daya saing yang paling penting adalah punya komitmen kuat, berakhlak dan amanah untuk memajukan Jakarta. harap Taufan.

Sementara itu, Kasubdit Ormas Kesbangpol DKI Jakarta, Eliazer, SE menembahkan selama 2 hari 3 malam peserta akan mendapatkan pencerahan dari nara sumber yaitu :

Pertama, “Peran Kejaksaan dalam bidang Ketertiban dan Ketentraman Umum Meningkatnya Kesadaran Hukum Masyarakat DKI Jakarta” oleh Ahmad Patoni, SH., MH.

Kedua, “Peran serta Ormas dalam Pembangunan DKI Jakarta dan Menjaga Keutuhan NKRI( Pribadi Pemenang yang Unggul, kuat dan Berkualitas oleh Hadisaja dari Sang Surya Institute.” (Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed