oleh

Promosikan Peluang Kerja Mancanegara, BNP2TKI Gelar Pemetaan Potensi Calon PMI.

-NAKER-331 views

JAKARTA –  PROMOSI Penempatan Pekerja Migran Indonesia ke luar negeri yang dilakukan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) selama ini telah menghasilkan banyak permintaan Pekerja Migran Indonesia dari berbagai sektor.

Karena itu, guna memberkan informasi kepada para penyedia PMI, Direktorat Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas TKLN I, Deputi Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Promosi Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menyelenggarakan kegiatan Pemetaan Potensi Calon PMI. Kegiatan yang diadakan di Hotel Teraskita, Jakarta. pada tanggal 11 s.d 12 Maret 2019 ini diadakan bekerjasama dengan Kementerian, Lembaga, instansi terkait serta lembaga penyedia (lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan) dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang.

Dalam sambutan pembukaanya, Deputi KLN & Promosi, Drg. Elia Rosalina Afif, MARS, MHK mengatakan kegiatan ini diselenggarakan untuk menjawab tantangan dalam rangka menyiapkan ketersediaan calon pekerja migran skill / professional dalam rangka mengatasi pengangguran dalam negeri melalui pemenuhan kebutuhan pasar kerja luar negeri.

Baca Juga:  Soal Pemulangan TKI, Prabowo Baru Wacana . . . Jokowi Sudah Melaksanakan

Elin, sapaan akrab Deputi ini menjelaskan, data potensi ketersediaan pekerja migran Indonesia sebagai bahan perencanaan untuk membidik arah penjajakan peluang kerja ke luar negeri dan sebagai bahan promosi kepada user atau pengguna di luar negeri.

Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promosi  mengharapkan pertemuan ini dapat menghasilkan tersedianya data calon PMI yang sesuai dengan syarat lowongan kerja dari pengguna di luar negeri. Pihak lembaga pendidikan semestinya menyiapkan lulusannya dengan kompetensi, sertifikasi dan bahasa inggris atau bahasa asing lainnya bila ingin memasuki pasar kerja luar negeri. Selain itu, sehubungan dengan banyaknya permintaan dari institusi pendidikan agar BNP2TKI melakukan kegiatan penyuluhan jabatan kerja luar negeri, Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promosi akan memfasilitasi kegiatan tersebut.

Sementara itu, dalam laporan penyelenggaraan kegiatan,  Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas TKLN I, Seriulina Tarigan menambahkan, kegiatan ini bertujuan membangun kerjasama dan sinergitas antar K/L, Instansi terkait, lembaga penyedia supply, baik lembaga pendidikan maupun lembaga pelatihan kerja dalam mewujudkan suatu out put yaitu menyiapkan supply skill / profesional yang siap dan mampu bersaing dalam merebut pasar kerja formal di luar negeri untuk memenuhi permintaan dari pengguna berbadan hukum dari berbagai negara dan berbagai jenis jabatan maupun sektor.

Baca Juga:  Kembangkan Pasar Kerja Luar Negeri, Total HR Kembangkan Aplikasi Rumah Migran untuk TKI

“Sasarannya jelas yaitu terwujudnya peta potensi supply atau potensi CPMI berdasarkan kompetensi dan kuantitas dalam mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) Direktorat Pemetaan dan Harmoniasi Kualitas TKLN I per sektor, jabatan dan perwilayah yang matching dengan demand, serta diharapkan agar lembaga penyedia dapat mempersiapkan peserta didiknya yang berminat bekerja ke Luar Negeri dan melaporkan data potensi maupun data rill pencari kerja dari masing masing lembaganya kepada BP3TKI atau LP3TKI,” papar Serulina.

Adapun narasumber yang memberikan paparan ari kegiatan ini yaitu Direktur Promosi, Dwi Hantoro, Direktur Pembinaan SMK Kemendikbun, DR. Bahrun dan nara sumber dari Perusahaan PMI. (Zul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed