oleh

Direktur Politik Dalam Negeri Harapkan Pemilih Cerdas

-Nasional-530 views

JAKARTA – PEMILIHAN Umum Presiden dan Pemilihan Anggota Legisltaif 2019 akan segera digelar serentak pada Rabu, 17 April 2019 mendatang. Guna mengedukasi pemilih Milineal dan masyarakat yang cerdas, Kemendagri menggelar “Dialog dan Pendidikan Politik bagi Masyarakat” di Hotel Swiss Bell, Jakarta, Senin (1/4/2019)

Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri, Drs. La Ode Ahmad, M.SI menuturkan ada dua hal penting yang perlu diperhatikan pemilih pemula.

“Pertama, pastikan kamu terdaftar sebagai pemilih. Caranya dengan mengecek apakah namamu sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Bagi yang tidak terdaftar dapat melapor untuk dimasukkan ke daftar pemilih hasil perbaikan (DPTHP),” kata Laode,

Cara lain, katanya, kamu bisa juga cek di www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id . lalu masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Langkah kedua, lanjut La Ode,  kamu harus kenal siapa caleg yang akan kamu pilih,. Usahakan sebelum masuk ke bilik suara sudah ada nama yang akan dipilih. Sebagai tips tambahan, kami juga bisa kenali calonmu dengan melihat dan mempelajari rekam jejak calon yang akan dipilih.

La Ode menambahkan, Pemilu Serentak 2019 ini menjadi pemilu spesial karena inilah pertama kalinya Indonesia menggelar pemilihan legislatif bersamaan dengan pemilihan presiden. Jadi, pada hari pemungutan suara nanti, kamu akan diberikan lima jenis surat suara untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD Provinsi serta anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Khusus untuk pemilih di wilayah Jakarta, kata Lo Ode, hanya akan mencoblos empat surat suara saja karena Jakarta tidak memilih anggota DPRD kabupaten atau kota. Semua surat suara tersebut akan diberikan warna yang berbeda, sehingga pemilih dapat dengan mudah membedakannya.

Kepada para peserta terdiri dari pemilih mula, Ormas, Anggota Karang Taruna, Pelajar dan Mahasiwa, Dirpoldagri meminta agar materi yang didapat dari kegiatan Dialog Politik hari ini bisa diteruskan kepada teman-temannya.

Baca Juga:  Simpoldagri Bermanfaat dalam Membangun Stabilitas Politik di Daerah

“Pastikan teman kamu untuk ikut mencoblos dan jangan golput. Sayang jika suara kamu itu hilang jika golput. Ayo bantu kami sebarkan semangat Ikut Pemilu 2019  itu keren karena satu suaramu menentukan masa depan bangsa ini,” pungkasnya.

Dialog dan Pendidikan Politik bagi Masyarakat ini juga dihadiri oleh Pemred Kesbang.com, Zulfikri D. Jacub, yang berbicara tentang Peran Media dalam Pemilu Serentak 2019, Akademisi dari Kampus IPDN, Prof, Nurlia Nurdin dan Kabagren Polpum Kemendagri, Sri Handoko Taruna.

Sementara itu. Kasubdit Fasilitasi Pendidikan Etika dan Budaya Dirpoldagri. Cahyo Ariawan mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan Dialog dan Pendidikan Politik Bagi Masyarakat ini dilaksanakan dalam rangka mensukseskan agenda demokrasi pemilu serentak 2019, yakni guna meningkatkan partisipasi masyarakat demi memperoleh legitimasi kepemimpinan bangsa melalui pesta demokrasi pada 17 April 2019 mendatang.

“Partisipasi politik masyarakat yang tinggi dalam pemilu 2019 nanti juga disertai secara kuantitas maupun kualitas, sehingga dengan demikian pemilu 2019 akan dapat menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang mempunyai legitimasi yang kuat serta amanah dalam menjalankan tugasnya,” imbuh Cahyo. (Zul, Foto Endi). 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed