oleh

Wow, Jakarta Punya Solusi Produk Keren Pengolahan Limbah Air

JAKARTA – PERMASALAHAN penanganan dan pengelolaan limbah air di Jakarta merupakan salah satu masalah serius yang harus ditangani Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Limbah ini ada yang berasal dari rumah tangga, perkantoran dan juga dari industri.

DKI Jakarta memiliki unit yang mengurusi soal  pengelolalan limbah air yang bernama Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) yang berlokasi di jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan.

Terkait teknologi penanganan limbah air,  Manajer Pemasaran PD PAL, Hery Azhari kepada redaksi, Senin (21/5/2019) mengatakan PD PAL sudah memiliki produk Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Setempat untuk mengolah air limbah rumah tangga baik air tinja (black water), air bekas cucian (grey water).

Hery menjelaskan, IPAL ini dirancang untuk dipasang baik di atas permukaan tanah maupun di dalam tanah. Harganya sangat murah Rp. 3 jutaan. Harga yang persis sama  jika kita membuat septitank.

Dengan memakai IPAL, lanjut Hery, kita turut menjaga keberisihan air limbah dari kemungkinan pencemaran yang dihasilkannya. Pasalnya, kualitas air tanah di Jakarta saat ini banyak tercemar sejumlah bakteri karena jarak antara 1 septitank dengan septitank lainnya berdekatan sehingga air yang seharusnya disedot oleh mesin pompa air  untuk pemanfaatan air minum dan kebutuhan masak, dikhawatirkan sudah tercemar dari air resapan limbah septitank.

Hery menambahkan, produk IPAL memang dirancang guna menjaga kebersihan kualitas air tanah. Jadi produk ini ramah lingkungan dan menjaga kebersihan air tanah.

 “Teknologi ini sudah terbukti di banyak daeran sangat membantu masyarakat untuk mengelola limbah air,” ujar Hery,

Dia mencontohkan, pada 2018 lalu, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) binaan Pemkab Balikpapan, Samarinda telah memesan 50 unit IPAL I dan KSM Samarinda memesan 120 buah.

Untuk pemesan luar Jawa, kata Hery, pihaknya melakukan pembuatan IPAL ini langsung di daerah bersama masyarakat setempat. “Jadi konsepnya pemberdayaan masyarakat dalam memproduksi IPAL ini,” papar Hery.

PD PAL Jaya sudah mendapat sertifikasi IPAL ini dari Pusat  Penelitian dan Pengembangan Kementrian PUPR tahun 2016.

Bicara persaingan produk IPAL tentu ada banyak negara seperti Jepang, misalnya, Hery mengakui di era pasar bebas  Masyarakat Ekonomi Asean/MEA ini memang produk Ipa buatan PD PAL Jaya ini masih bisa bersaing baik dari sisi harga maupun kualitasnya.

“Alhamdulillah, hingga 2018, 90 persen dari target pemasaran berhasil kami capai dengan baik,” paparnya bangga

Manfaat Produk IPAL.

Keuntungan lain menggunakan sistem perpipaan PD PAL Jaya :

  • Memperkecil pencemaran air tanah dari limbah tinja akibat kebocoran tanki septik
  • Menjaga keseimbangan biota air permukaan, karena limbah yang dialirkan ke sungai sudah melalui proses pengolahan
  • Lahan kosong untuk penempatan tanki septik atau IPAL setempat dapat dimanfaatkan untuk penggunaan ruang lainnya (seperti parkir atau lahan hijau).

Penyediaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) setempat untuk melayani buangan air limbah dari wilayah yang belum terpasang jaringan pipa air limbah

Keunggulan menggunakan IPAL setempat PD PAL Jaya :

  • Pemasangan mudah dan cepat;
  • Tidak membutuhkan lahan luas karena tanpa sumur resapan;
  • Terbuat dari bahan-bahan yang tahan korosi
  • Anti bocor sehingga tidak mencemari air tanah
  • Tidak membutuhkan perawatan khusus
  • Layanan purna jual (Layanan Lumpur Tinja Terjadwal). (Zul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed