oleh

Tingkatkan Pemahaman Mahasiswa, Kesbangpol DKI Gelar Peningkatan Etika dan Budaya Politik dalam Demokrasi

-Politik-185 views

CISARUA –  SEBANYAK 100 peserta dari kalangan universitas mengikuti kegiatan Peningkatan Etika dan Budaya Politik dalam Demokrasi Angkatan 3 Tahun 2019 di Cisarua, Bogor (11/7/2019).

Dalam sambutannya pembukaannya, Plt. Kabid Idewasbang, Drs. Asyik Noorhilmani

Mengapresiasi para mahasiswa mengikuti kegiatan Peningkatan Etika dan Budaya Politik dalam Demokrasi.

Asyik menjelaskan, kemajuan demokrasi di Indonesia menentukan partisipasi politik rakyat dalam pemerintahan. Sebagai elemen masyarakat yang terdidik tentu mahasiswa diharapkan bisa berpolitik secara santun, beradab dan berintegritas tentunya.

Kepada para mahasiswa, Asyik menuturkan bahwa Indonesia baru saja menyelesaian Pemilu Serentak 2019 dengan memilih presiden dan anggota legislatif di pusat dan daerah.  

“Kita bersyukur, Pemilihan Umum serentak yang berjalan dengan aman tertib dan lancar sesuai dengan jadwal dan tahapannya,” papar Asyik.

Dia menambahkan, sukses penyelenggaraan Pemilu Serentak ini tercapai berkat kerja sama semua elemen masyarakat terutama dalam dukungan dari generasi muda sehingga secara umum pelaksanaan berjalan lancar dengan aman dan kondusif.

Kesbangpol DKI Jakarta memahami bahwa Pemilihan Umum Serentak merupakan satu bentuk pelaksanaan demokrasi di Provinsi DKI Jakarta. Program pembangunan bidang demokrasi ini bertujuan untuk membangun budaya politik masyarakat yang toleran dan berpartisipasi dengan menjunjung norma dan etika serta hak asasi manusia, terutama sipil dan politik dalam aktivitas sehari-hari maupun dalam penyampaian aspirasi dan pendapat di muka umum, baik antar sesama kelompok masyarakat maupun kepada pemerintah.

Baca Juga:  Pembelaan PDI-Perjuangan Kepada Puan dan Pramono Yang Disebut Terima Duit e-KTP

Oleh sebab itu, lanjut Asyik, transformasi nilai-nilai etika dan budaya politik serta rekomendasinya harus ditanamkan dan disosialisasikan kepada seluruh komponen masyarakat agar dapat mewarnai kehidupan demokrasi yang telah santun berbudaya dan makin berkembang serta memenuhi standar nilai norma dan etika kehidupan politik yang demokratis.

“Saya mengajak seluruh peserta dalam kapasitasnya selaku Pemuda generasi muda bangsa untuk dapat menyatukan langkah dan komitmen serta mengoptimalkan peran dan tanggung jawab bersama dalam mewujudkan pembangunan dan pengembangan budaya politik yang dilandasi karakteristik dan moral sesuai nilai-nilai luhur yang berkembang dalam Pancasila dan undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 terutama pada pasca dilaksanakannya pemilihan umum secara serentak pada tahun 2019 ini,” ujarnya.

Kesbangpol DKI Jakarta juga mengajak generasi muda  untuk menghindari hoax, ujaran kebencian, dan persikusi. Jaga kondusifitas, boleh beda dalam pemilihan politik Tapi kita tetap dalam satu bingkai Bhinneka Tunggal Ika dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan dan menghasilkan output yang bermanfaat dalam upaya membangun dan lebih memahami lagi etika budaya politik dalam kehidupan berdemokrasi serta implementasinya di Indonesia dan di DKI Jakarta pada khususnya dengan dan mempertahankan Citra Jakarta sebagai ibukota negara,” harapnya.

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2019, Kemendagri Tegaskan Kondisi Politik Relatif Stabil dan Aman 

Sementara itu, dalam laporan kegiatannya, Kasubdit Pendidikan Budaya Politik mengakanan guna meningkatkan pengetahuan peserta, Kesbangpol DKI Jakarta menghadirkan sejumlah narasumber kompeten

Sesi 1, “Repleksi Budaya Politik dan Wajah Demokrasi Indonesia Paska Pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019”

Sesi 2, “Peran Negara dalam Peningkatan Peningkatan dan Etika Budaya Politik Demokrasi Prof.Dwi Purwoko (LIPI)

Sesi 3, “Fenomena Etika dan Budaya Politik dalam Demokrasi Ditinjau dari Perspektif Sosiologi “Prof Musni Umar, Rektor UIC.

Sesi 4, “Peran Strategis Mahasiswa Membangun Demokrasi yang Beretika dan Berdaya di Era Globalisasi,” Benny Sudarmaji. (endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed