oleh

Galang Instansi Strategis, Kesbangpol DKI Fasilitasi Bantuan Bea Siswa Pendidikan dan Peluang Kerja Warga Papua 

Kesbang.com, Jakarta – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DKI Jakarta terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) warganya. Kali ini targetnya adalah pada peningkatan SDM Warga Papua yang ada di ibukota.

Terkait dengan hal itu, Kesbangpol DKI unit Sub Direktorat Pembaruan Kebangsaan menggelar kegiatan “Silaturahmi dengan Warga Papua dan Papua Barat yang ada di Jakarta” di Blok G, Balaikota DKI Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Kegiatan ini dihadiri Kabaid Ide Wasbang, Asyik Noorhilmani, Sekretaris Kaban, Entis,  Kasubdit Pembauran Kebangsaan, Herlina, SH, MH, para Kepala Suban Kesbangpol di 5 wilayah DKI Jakarta, Kepala Dinas Tenaga Kerja, dan pejabat dari dinas pendidikan.

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si mengatakan Silaturahmi ini memang dimaksudkan untuk memberikan informasi terkait dengan pemberian bea siswa dan kesempatan peningkatan kompetensi (skill) bagi warga Papua yang ada di ibukota.

“Program ini sudah berjalan lama dan kini giliran warga Papua yang ada di Jakarta kami berikan sosialisasi terkait bea siswa pendidikan dan peningkatan skill,” ujar Taufan.

Baca Juga:  Soal Anggaran, Ini Pesan Mendagri untuk Incumbent di Pilkada 2018

Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan, kata Taufan, berkeinginan agar siapapun warga pendatang yang ada di Jakarta asalkan sudah memiliki KTP sebagai penduduk Jakarta berhak mendapatkan fasilitas seperti layaknya orang Jakarta. Di antara fasilitas yang disediakan yaitu fasilitas bea siswa pendidika dan  pelatihan persiapan memasuki dunia kerja (vocational training) secara gratis di 5 wilayah Kabupaten kota Jakarta.

“Pelatihan itu ada  bidang oomotif, supir,  tata Boga,  Las, komputer hingga bahasa:” ujar Taufan.

Sesuai sambutan, Kaban  Kesbangpol DKI meminta Kabid Ide Wasbang untuk memipin diskusi dengan menghadirkan panelis dari dinas pendidikan dan disnaker.

Sesi diskusi diikuti antusias para peserta khususnya dari warga Papua yang ada di Jakarta.

Salah satunya, yaitu dari Jerry yang mengapresiasi Kesbangpol DKI Jakarta menggelar Silaturahmi dengan Warga Papua yang ada di ibukota. Ia katakan banyak warga Papua yang putus sekolah ini kemudian terjebak di dunia kriminal, narkoba dan Miras. Mereka ingin sekolah namun belum tahu kemana harus mencari-cari info.

Baca Juga:  Sukseskan Pemilu 2019, Kemendagri Gelar Forum Penguatan Demokrasi Indonesia di Sumbar

“Kami senang ada forum ini dan berharap dari pertemuan ini ada tim kecil yang memfollow up hasil diksui ini,” pinta Jerry.

Peserta lain, juga meminta agar batasan usia bagi penerimaan bea siswa yaitu dimana pemda DKI membatasi usia sampai umur 25 tahun. Pasalnya, banyak warga Papua yang lambat mulai usai sekolahanya dan dikhawatirkan ketika  meminta bea siswa ini usianya sudah melebihi 25 tahun.

Kegiatan Silaturahmi berjalan dengan suasana kekeluargaan. Pada akhir kegiatan, peserta secara sukarela menyanyikan lagu Padamu Negeri. (Zulfikri & Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed