oleh

Pemerintah Tida Pernah Lelah Melakukan Literasi Politik Masyarakat

-Politik-70 views

Jakarta, Kesbang.com – Direktorat Politik Dalam Negeri (Dirpoldagri) Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri menggelar Forum Komunikasi Evaluasi Pasca Pemilu Serentak Tahun 2019.

Kegiatan ini dihadiri peserta dari unsur Ormas Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

“Kami tidak pernah melakukan literasi pendidikan politik masyakat. Literasi ini meliputi tahapan-tahapan Pemilihan Umum hingga isu-isu strategis,” ujar Dirpoldagri, Drs. Laode Ahmad Palombo, M.Si ketika memberikan pencerahan kepada peserta di Jakarta, (18/10/2019).

Menurut Laode, kegiatan literasi politik ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Tujuannya yaitu agar setelah memahami paparan yang disampaikan oleh para narasumber masyarakat bisa memahami hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

“Kita mengharapkan partisipasi aktif masyarakat untuk memberikan konstribusi positif dalam pembangunan bidang politik,” ujarnya.

Laode menambahkan, di sisi lain masyarakat diharapkan juga untuk bisa bersikap bijak terhadap informasi yang beredar di masyarakat.

“Sebelum meng-share informasi pastikan dulu infornasi itu tidak hoax dan tidak mengandung unsur ujaran kebencian. Informasi itu harus di cek dan crosscheck atau tabayun,” ujar Laode.

Baca Juga:  Hadir di Kesbangpol DKI Jakarta, Fery Farhatin Anies Baswedan Bicara Soal Pemilu 2019

Sementara itu, dalam laporan kegiatannya, Kasubdit Fasilitasi Peningkatan Demokrasi, Rahmat Santoso, M.Si mengatakan, peserta Forum Komunikasi ini berasal dari Ormas di Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Adapun narasumber dalam kegiatannya yaitu Zulfikri, Praktisi Media, Pakar Pendidikan, Dr. Asdi Chaniago, dan Bangun Sitohang, M.Si Kasubdit Implementasi Kebijakan Politik Dirpoldagri. (Endi)

Editor: Zulfikri D. Jacub

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed