oleh

Berkunjung ke Kampung Kramat Pemuda Pancasila

-Daerah-2.756 views

TEMANGGUNG – Minggu 06 Mei 2018, ratusan anggota Pemuda Pancasila Temanggung berbondong bondong menuju sebuah tempat yang konon dipercaya sebagai tempat untuk menggelar upacara sakral yang lebih populer disebut Merti Dusun, upacara sesaji dengan unsur budaya Islam Jawa itu biasanya diadakan pada setiap datangnya Ramdhan di mana setiap orang yang datang aman mendoakan roh para leluhur masyarakat desa itu, dibarengi oleh khataman warga masyarakat Desa itu yang telah menghafal Al Quran.

Dalam Acara itu digelar beberapa tradisi kesenian khas desa seperti Jaran Kepang, tarian Topeng ireng dan arak-arakan obor disertai orang dgn pakaian Ulama bersorban, Wayang,badut yang memiliki simbol dan makna sendiri. Tempat kumpul tepatnya di latar atau lapangan desa kecekel dusun Kramat kecamatan Kranggan Temanggung.

“Iring-iringan Kramat biasa di lakukan setelah Ba’da sholad Isya,” kata Pak Radji 61th salah satu sesepuh desa itu.

Suyono (42), Kepala Desa di situ menjelaskan bahwa tradisi ini sebagai rasa sujud syukur Kepada Allah SWT dan sebagai media masyarakat khususnya Kader Pemuda Pancasila di wilayah itu untuk tetap mengingatkan persatuan, gotong royong dan berkemanusiaan. Panitia juga menyiapkan beberapa jenis sajian makanan khas desa untuk di bagi bagi atau disuguhkan secara bersama setelah di arak keliling desa dengan di doakan terlebih dahulu.

Baca Juga:  Pemuda Pancasila Bersama Buruh Riau Tolak Omnibuslaw

Tampak tamu undangan dari unsur TNI, Polri tokoh Masyarakat dan Agama juga tokoh Organisasi Pemuda Pancasila MPC Kabupaten Temanggung.

“Pada intinya gelar upacara Kramat ini selain untuk ajang bisa saling silahturahmi dan mengingatkan akan kekompakan,” imbul Suyono (41) Ketua Panpel.

Iring-iringan berjalan lancar dan tertib walau tampak sesekali ada kemacetan di sepanjang jalan yang di lewati, acara usai hingga tengah malam. (DnX)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

25 komentar

  1. Психотерапия онлайн! Рейтинг психологов Индивидуальный подход к консультированию!
    Индивидуальный подход к консультированию!

    Онлайн консультация. Индивидуальный подход к консультированию!
    Опытные психотерапевты и психологи.
    Индивидуальный подход к консультированию!

News Feed