oleh

Sukseskan Pilkada, Kemendagri Gelar Penguatan Kapasitas Ormas di Makassar,

-Daerah, POLPUM-563 views

MAKASSAR –  Direktorat Ormas Ditjen Polpum Kemendagri terus melakukan penguatan bagi Ormas agar profesional, mandiri dan akuntabel dalam menjalankan tugas dan fungsinya di masyarakat.

Karena itu, guna terus meningkatkan perannya,   Direktorat Ormas Kemendagri menggelar kegiatan “Penguatan Kapasitas  Ormas” di Makassar, Rabu (6/6/2018).

Kegiatan ini dihadiri Direktur Ormas Kemendagri, Drs La Ode Ahmad P.  Balombo,  MS.i dan sejumlah narasumber lain yaitu Kabag Perundang-undangan, Drs. Syarmadani dan  Kasubdit Kemitraan dan Pemberdayaan Ormas, Sunaryo.

Dalam sambutannya, Direktur Ormas Kemendagri, Drs La Ode Ahmad mengatakan memasuki masa Pilkada di Sulsel, Ormas tentu memainkan peranan strategis dalam ikut mensukseskan Pilkada.

Menurut La Ode, dipilihnya Makasar sebagai tempat kegiatan merupakan dukungan pemerintah melalui Kemendagri dalam rangka penyelenggraan Pemilukada yg akan datang yang secara tidak langsung melibatkan ormas di Sulsel.

La Ode Ahmad,  MS.i mengatakan bahwa PEPPU No. 2  th 2017 diterbitkan untuk melindungi segenap tumpah darah Indonesia agar ormas-ormas radikal tidak dapat berkembang secara leluasa yang akhirnya menimbulkan perpecahan dan mengancam persatuan bangsa.

Baca Juga:  DPW Partai Perindo Provinsi Papua Barat Siap Menjalani Verifikasi KPU
Direktur Ormas Kemendagri, Drs La Ode Ahmad P. Balombo, MS.i

“Pemerintah telah membentuk Tim Terpadu   (TIMDU) yang akan  melakukan pengawasan terhadap ormas-ormas yang tidak sesuai peraturan perundang-undangan diharapkan pemda juga secepatnya membentuk TIMDU di daerah,” tegasnya.

Dia menambahkan, Sulsel perlu suasana kondusif dalam pelaksanaan pilkada sulsel merupakan salah satu insikator di indonesia ormas perlu secara aktif mengambil peran agar suasana ini kondusif.

Sementara itu, Kesbangpol Sulsel, Asmanto mewakili Gubernur Sulsel dalam sambutannya mengatakan bahwa Sulsel secara umum kondusif walaupun euforia Pilkada sangat ketat karena di Sulsel ada 12 Kab. Kota yang mengadakan Pilkada dan Pilgub juga.

Sulsel adalah daerah tiga besar dengan kerawanan tertinggi Pilkada. Sulsel menjadi perhatian walaupun masih agak keliru karena indikatornya demo sangat tinggi dan dinamis.Orang sulsel memiliki karakter tak mau kalah dan harus hadir dalam pembangunan di indonesia

Kehadiran ormas sangat strategis karena ormas mendukung pemerintah dalam mempercepat proses bangsa ini menuju kesejahteraan.

Kegiatan yang digelar di Hotela Novotel, Makassar ini dihadiri oleh berbagai ormas, aktivis pemuda dan tokoh masyarakat  yang ada di Makasar. (Zul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed