oleh

Taufan Ajak Ibu-Ibu PKK Jakarta Tingkatkan Wawasan Kebangsaan

-Nasional-3.073 views

CISARUA – BADAN Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi DKI Jakarta bersama Tim Penggerak (TP) PKK Pokja I menggelar kegiatan Pemantapan Wawasan Kebangsaan bagi Pengurus dan Anggota PKK Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Rencananya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, Kamis-Sabtu, 20-22 September 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Gerbera, Bogor,  ini diikuti 110 orang pengurus dan anggota PKK Jakarta. Acara dibuka langsung oleh Kepala Plt. Bakesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri. M.Si yang sekaligus menjadi nara sumber.

Taufan mengatakan, peranan ibu-ibu PKK sangat strategis dalam membantu pemerintah meningkatkan pengawasan generasi muda, yang tidak lain adalah anak-anaknya terhadap pengaruh negatif budaya dari luar.

“Modernisasi membawa pengaruh negatif berupa budaya individualisti, materialisme, hedonisme di mana nilai-nilai itu telah melunturkan nilai-nilai kegotongroyongan,” ujar Taufan.

Lebih lanjut, Taufan menjelaskan, saat ini wawasan kebangsaan menjadi suatu hal yang sudah tidak populer. Hal ini terjadi karena sudah dihapuskan TAP MPR Nomor II Tentang Eka Prasetya Pancasila atau dulu dikenal dengan istilah P4 (Pedoman Pengamalan dan Penghayatan Pancasila).

Baca Juga:  Jelang 68 Hari Pilpres, Taufan Minta Warga DKI Gunakan Hak Pilih Secara Cerdas

Selain itu, katanya, penghapusan pelajaran budi pekerja di sekolah telah membuat anak-anak menjadi tidak memiliki karakter sebagai anak yang santun, hormat kepada orang tua dan menghormati seni dan budaya bangsa.

“Karena itu, kepada ibu-ibu, kami mengharapkan agar ikut berperan membantu pemerintah mengatasi berbagai masalah kebangsaan di tengah serbuan budaya asing yang masuk melalui handphone dan gadget anak-anak ibu,” bebernya.

Taufan menambahkan, efek global dan regional  dengan masuk Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tentu perlu diantisipasi  dengan penghayatan wawasan kebangsaan melalui edukasi dan sosialisasi,” ujar Taufan

Dia juga menyampaikan, program ini terselenggaranya karena komitmen pemerintah untuk menjaga Pancasila dan NKRI yang harus dijaga oleh generasi penerus.

Dalam diskusi dengan ibu-ibu PKK, Taufan mengatakan bahwa kekuatan kita sebagai sebuah bangsa itu diikt oleh  Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. “Empat pilar tersebut akan menopang usaha kita untuk mendapatkan cita-cita bangsa.

“Gubernur minta agar ibu-ibu bantu Pemda DKI Jakarta untuk mewujudkan kota yang bahagia warganya dan maju kotanya,” tutur Taufan.

Baca Juga:  Mau Daftar PNS, Ini Pesan Mendagri

Turut mendampingi, Kepala Bidang Ideolog Wasbang, Asyik Noorhilman, M.SI dan Ketua TIM PKK Pokja I Pemprov DKI Jakarta, Susi Andriana. (Zul)

 

News Feed