oleh

Kesbangpol DKI Harapkan Mahasiswa Tekuni Dunia Bisnis

-Budaya-2.209 views

CISARUA – PENINGKATAN ekonomi warga Jakarta merupakan salah satu agenda Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Salah satu pelaku ekonomi yang didorong kemajuan ekonominya adalah sektor swasta dan koperasi.

Sebagai salah satu komponen masyarakat, kaum muda khususnya yang berasal dari kalangan terdidik berpotensi untuk mengembangkan alternatif usaha di sektor swasta. Karena itu, guna merubah mindset mahasiswa, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  DKI Jakarta menggelar  (Kesbangpol) DKI Jakarta mengadakan kegiatan “Peningkatan Ketahanan Ekonomi Angkatan III”  di Hotel Grand Cempaka, Mega Mendung, Jawa Barat, Kamis (4/4/2019).

Menurut Plt. Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si karir masa depan itu tidak hanya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Karir di dunia bisnis juga kini menjadi pilihan generasi milineal. Kemampuan pemerntah untuk menerima PNS tentu sangat terbatas dan tiap tahun kompetisinya kian ketat. Padahal, berkarir di sektor swasta kini juga mulai banyak diminati kaum muda dan Kesbangpol DKI Jakarta melalui kegiatan ini berupaya untuk memfasilitasi pilihan-pilihan kaum muda agar bisa terwujud kelak di kemudian hari.

Baca Juga:  Presiden Jokowi: Acara Pernikahan Kahiyang-Bobby Sederhana

Taufan menjelaskan, saat ini Indonesia sudah menjadi negara yang terbuka dengan dunia luar. Banyak pekerja asing dataanng yang memang sebagai konsekwensi dari karena kita telah menjadi anggota Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan adanya kebijakan Indonesia mengundang 171 negara luar untuk menjadi wisatawan ke Indonesia.

“Masuknya orang asing ini tentu merupakan tantangan bagi lulusan tenaga terdidik untuk bersaing dengan pekerja skill dari negara-negara anggota MEA. Karena itu, tingkatkan terus kompetensi anda di bidanag masing-masing serta asah terus kemampuan bahasa inggris anda agar jangan kalah dengan pekerja dari Singapura, dan Filipina,” gugahnya.  

Terkait materi Pemilu, kepada para peserta Taufan meminta pertama agar terus meningkatkan Pemahaman dan kapasitas diri terkait dengan aturan pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 dengan baik, sehingga dalam pelaksanaan Pemilu nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar, tanpa terkendala sesuatu permasalahan yang berarti.

Kedua, tetap mengedepankan kesatuan dan persatuan walaupun berbeda haluan politik.

Ketiga, menolak Politik Uang, SARA dan Hoax serta ujaran kebencian demi terciptanya Pemilu Tahun 2019 di Provinsi DKI Jakarta yang Damai, Demokratis dan Bermartabat.

Baca Juga:  Kesbangpol DKI Jakarta Terus Sosialisasikan Budaya 5 Tertib

“Keberhasilan Pemilu di DKI Jakarta amat ditentukan oleh peran serta aktif anda. Karena itu, bantulah Pemda untuk mewujudkan Pemilu yang Luber dan Jurdil,” paparnya.

Sementara itu, dalam laporan kegiatannya, Kasubdit Ketahanan Ekonommi, Seni dan Budaya, Yayuk S, Har mengatakan sejumlah nara sumber dihadirkan untuk memperkaya pemahamam mahasiswa.

Pada Sesi I yaitu pembicara Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UMKM mengulas “Strategi memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat melalui program kewirausahaan Nasional.”

Pada Sesi 2 yaitu Praktisi FX.Sugitanto., MM mengulas “Peran Pemerintah DKI Jakarta dalam Meningkatkan Ekonomi Warga Ibukota” 

Pada Sesi 3 yaitu Praktisi H.Pay Paiya, MM, berbicara tentang “Pengembangan ekonomi kreatif dan menciptakan lapangan kerja di masyarakat”   

Pada Sesi 4 ada Motivator atau Penggiat Kewirausahaan, Alfian Rasyid rustamadji

Membahas soal  “Pengembangan Enterpreneurship di Kalangan Generasi Muda melalui Bussines Plan.”  (Zul dan Endi).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed