oleh

Penguatan Peran Organisasi, Visi Suyud Margono Untuk AKHKI Kedepan

-Nasional-1.044 views

JAKARTA – Hak Kekayaan Intelektual (HKI) menjadi suatu tantangan besar di era digital sekarang ini. Pentingnya HKI, membuat peran Konsultan HKI harus terus diperkuat dalam memberikan layanan dan kepastian bagi para users. Untuk itu, adalah tepat Asosiasi Konsultan HKI (APHKI) dipimpin oleh sosok yang mumpuni, berintegritas, dan memiliki kemampuan organisasi yang baik.

Sosok Dr. Suyud Margono, SH., MHum., FCIArb., yang selama ini duduk sebagai Wakil Ketua Umum AKHKI (2016-2020), dinilai tepat untuk memimpin organisasi ini dalam rangka melanjutkan kepengurusan organisasi tingkat nasional untuk periode (2020-2024), yang dalam masa pandemi Covid-19 ini akan melakukan Rapat Umum Anggota (RUA) Nasional, 22 Desember 2020 ini.

Dalam siaran pers yang diterima innews, Jum’at (18/12/2020), Suyud menjabarkan sejumlah rancangan program kerja yang akan dibuat di antaranya, mendorong Konsultan HKI berkontribusi dalam rangka promosi dan sosialisasi kegunaan sistem HKI. Juga bisa berkontribusi dalam rangka penegakan hukum, perkembangan ekonomi dan industri.

Selain itu, kata Suyud yang juga Pendiri AKHKI dan Tim Penyusun AD/ART dan Kode Etik AKHKI (2006-2007), Konsultan HKI harus dapat memberikan kontribusi dalam rangka memperkuat sistem HKI Nasional.

Baca Juga:  Sekretaris Ditjen Polpum Buka Rapat Sinkronisasi Program dan Kegiatan TA 2017-2018

“Juga memperkokoh kemitraan dengan Ditjen KI dalam memberikan input/saran/masukan dalam rangka mengharmonisasikan ketentuan di bidang HKI. Meningkatkan kepedulian mengenai manfaat sistem HKI dan mendorong motivasi pentingnya insentif bagi kreativitas dan inovasi,” urai Suyud yang pernah duduk sebagai Wakil Sekretaris Jenderal AKHKI periode 2013-2016 ini.

Lainnya, sambung Suyud, bagaimana kedepan AKHKI bisa meningkatkan interaksi dengan asosiasi-asosiasi terkait HKI. Dan mendorong Konsultan HKI untuk dapat menjaga harkat dan martabatnya. “Konsultan HKI harus memahami hukum, peraturan, dan praktik dalam menjalankan profesinya dan melaksanakan profesinya secara fair dan tulus,” tambahnya.

Dengan motto, “Memperkuat Asosiasi (AKHKI) Dengan Semangat dan Kebersamaan Dari Kita – Untuilk Kita” ini, bila dipercaya memimpin AKHKI, Suyud akan membentuk dan memperkuat Komisi Tetap Organisasi, di antaranya, Lembaga Pendidikan dan Sertifikasi Profesi, Komisi Pemilihan dan Pembentukan Komisariat Daerah, dan Komisi Pengawas Profesi.

Demikian juga di struktur organisasi akan ada Divisi Pelayanan Anggota & Organisasi, Divisi Bidang Pendidikan, Riset & Pengembangan, Divisi Hubungan Pemerintahan & Kerjasama Lembaga, Divisi Publikasi, Public Relation & Fund Raising, dan Divisi Pelayanan Publik & Advokasi. (innews.co.id/Sfn)

News Feed