oleh

Anies Baswedan: Pegang Teguh Iman, Akhlak, dan Islam Dalam Menghadapi Persaingan Global

-Nasional-962 views

YOGYAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengisi ceramah di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Kamis (7/4/2022) malam. Anies mengaku kembali ke UGM Yogyakarta seperti pulang ke rumah sendiri.

Selain merupakan alumnus kampus tersebut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini juga menghabiskan masa kecilnya dekat dengan UGM.

“Alhamdulillah, bisa kembali ke kampus UGM. Semalam hadir dalam tarawih Ramadan di Masjid Kampus UGM,” ujar Anies lewat akun Instagramnya, Jumat (8/4) malam.

Dia mengaku sangat bersyukur bisa kembali pulang ke kampus UGM. Dulu ketika mahasiswa bertugas mengundang pembicara untuk datang, “sekarang bagian yang datang sebagai undangan. Sebuah kehormatan bisa berbagi apa yang sudah kami kerjakan di kota Jakarta,” ucapnya.

Anies menuturkan, salah satu pesan utama yang didapat ketika kuliah di UGM adalah tentang keadilan, UGM mendidik kita untuk bicara tentang pentingnya menjaga keadilan. Inilah yang menjadi bekal ketika menghadapi tantangan-tantangan perkotaan termasuk di Jakarta.

“Mahasiswa memiliki peran kekinian dan di masa depan, gunakan kesempatan pembelajaran untuk menjadi bekal di masa depan,” katanya..

Lanjutnya, lokasi lahir boleh di mana saja, lokasi belajar boleh di Yogya, tapi kompetensinya harus tingkat dunia. Pegang teguh pentingnya iman, akhlak, dan Islam sebagai akar dalam memupuk kompetensi menghadapi persaingan global.

“Terima kasih kepada Masjid Kampus UGM, Jama’ah Shalahuddin, terima kasih kepada semua yang hadir tadi malam, semoga memberi manfaat bagi kita semua,” katanya.

Sebelum ke UGM, Anies sempat mengunggah ucapan buka puasa di salah satu lokasi Yogyakarta. Anie mengatakan bahwa dirinya sedang buka puasa dengan air kelapa muda dan gorengan.

“Alhamdulillah senang bisa kembali ke kampung tempat saya tumbuh di sini. Malam ini buka (puasa) dengan air kelapa muda, tahu goreng, tempe goreng. Insya Allah habis Isya akan ada kekiatan di Masjid kampus Gadja Madah saya doakan semua sehat dan selamat buka puasa,” ujar Anies di Instagram.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

17 komentar

News Feed