oleh

DPRD Labuhanbatu Akan Gelar RDP Pengunaan DAK Fhisik TA 2021 Dinas Pendidikan 

-Daerah, Nasional-648 views

Labuhanbatu – DPRD Labuhanbatu akan menjadwalkan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pendidikan untuk membahas proyek phisik DAK tahun anggaran 2021 sekitar Rp 5,6 Milyar yang tidak bisa dibayarkan sampai tutup tahun anggaran.

Demikian dikatakan Ponimin anggota Komisi IV DPRD Labuhanbatu yang juga seketeris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) kepada wartawan di Rantauprapat, Minggu (16/1/2022).”Secepatnya kita gelar RDP membahas proyek phisik DAK tahun anggaran 2021 yang tidak bisa dibayarkan”ujarnya.

Dijelaskannya, pada saat RDP, komisi IV akan mencari tahu apakah benar Dinas Pendidikan lalai mengupload dan melaporkan realisasi penyerapan dana dan kegiatan DAK fisik untuk Sekolah Dasar (SD) TA 2021.”Kita akan mencari tahu, apa benar Kepala Dinas yang merangkap sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) lalai atau ada unsur kesengajaan” ujar Ponimin

Dari penelusuran komisi IV, Dinas Pendidikan setiap tahunnya mengunakan anggaran yang bersumber dari DAK untuk pembangunan fhisik maupun dari sumber dana lainnya. “Pengunaan dana DAK fhisik merupakan agenda tahunan. Jadi aneh kog bisa lalai” tanya Ponimin.

Disisi lain, Ponimin juga menyebutkan, pihaknya saat ini sedang menelusuri, kenapa ada pekerjaan atau proyek fhisik SD yang sumber dananya dari DAK TA 2021 yang sudah dibayarkan.”Kita akan pertanyakan, kenapa ada proyek DAK fisik SD ditahun yang sama sudah dibayarkan?” tanya Ponimin.

Dengan adanya proyek DAK 2021 yang tidak bisa dibayarkan, Pemkab Labuhanbatu dirugikan sebesar nilai yang tidak bisa dibayarkan dari DAK 2021.Karena proyek dimaksud akan dibayarkan melalui APBD TA anggaran 2022 setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit/pemeriksaan terhadap tersebut, papar Ponimin

“Dampaknya, pembangunan fhisik bersumber dana dari APBD TA 2022 yang sudah direncanakan tidak dapat direalisasi karena anggaran tersebut dibayarkan keproyek DAK 2021 yang tidak bisa dibayarkan” ujar Ponimin

Terpisah, Haryanto Ritonga ST ketua Komisi IV DPRD Labuhanbatu menegaskan, pihaknya saat ini sedang menjadwalkan rapat dengar pendapat digelar.”Kita sedang mengatur jadwalnya. Mungkin minggu ini kita sudah jadwalkan” tegasnya. (Sfn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed