oleh

Jelang Puncak Acara Festival Gunung Sahilan 2022, Kampar, Riau, Syahrozie : Ini akan menjadi agenda tahunan, masuk kalender pariwisata

-Umum-442 views

Ketua Panitia Pelaksana Syahrozie menuturkan kepada awak media (12/01 /2022) bahwa Pekan Kegiatan Masyarakat yang diberi judul Festival Gunung Sahilan 2022, berlangsung tgl 2 sd. 22 Januari 2022. Gunung Sahilan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kampar, provinsi Riau. Kegiatan dilangsungkan di Komplek Istana Darussalam Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan dalam rangka 5 tahun Penobatan Seri Paduka Yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan, sekaligus Pengukuhan Perangkat Kerajaan dan Laskar Dubalang Panglima Kerajaan, dan Haul mengenang Raja- raja terdahulu, dimana salah seorang Raja, yaitu Raja XI Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan, Tengku Gazali, adalah salah
seorang Pahlawan Nasional yang berjasa terhadap negara, yang menggabungkan Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan menjadi bagian integrasi negara Republik Indonesia di tahun 1946.

Festival Gunung Sahilan, yang sedianya diselenggarakan Januari 2021, tertunda karena pandemi Covid 19 yang sedang melanda dunia global termasuk Indonesia yang membuat terbatasnya aktivitas masyarakat di Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan. “Alhamdulillah, setelah pandemi melandai, maka perayaan tersebut siap dilaksanakan dan mengambil momentum dengan bersempena Perayaan 5 tahun Penobatan Seri Paduka yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan dengan mengadakan Pekan Kegiatan Masyarakat Festival Gunung Sahilan 2022 atau disingkat Festival Gunung Sahilan 2022, “ujar Syahrozie ketua panitia.
Lanjutnya, tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah mengangkat kembali
kearifan lokal, serta mempererat tali persaudaraan masyarakat di Riau, khususnya di wilayah Kampar Kiri Gunung Sahilan, dalam memupuk semangat kebangsaan dan
kesadaran nasionalisme antar generasi untuk memperkuat ketahanan Nasional
menghadapi tantangan global.

Festival Gunung Sahilan 2022 yang mengambil tema “Menyongsong harapan di negeri sakti Kampar Kiri Gunung Sahilan” ini merupakan salah satu wadah bagi masyarakat Riau, khususnya masyarakat Kampar Kiri Gunung Sahilan dalam memberikan alternatif hiburan yang kreatif dan bernilai ekonomi bagi masyarakat. Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi informasi, maka Kegiatan Masyarakat selayaknya dikemas dengan baik dan produktif yang sangat diperlukan oleh masyarakat dalam bentuk pariwisata kreatif yang dapat mendatangkan potensi ekonomi untuk masyarakat, dan membantu pemerintah dalam mengembangkan pembangunan. Oleh sebab itu, dengan dilaksanakannya Festival ini dan serangkaian acara bersempena 5 Tahun Penobatan Seri Paduka Yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan, masyarakat dapat berpartisipasi dalam beraktivitas dan berkreativitas terarah dan positif dan mendatangkan potensi pariwisata yang kreatif. Festival Gunung Sahilan 2022, adalah sarana proyeksi, simulasi, promosi serta sosialisasi program-program pemerintah, korporasi swasta dan negeri serta badan/organisasi yang beroperasi di Riau, khususnya di Kampar Kiri.

“Festival Gunung Sahilan 2022, akan dikemas secara ringkas dan ringan dalam kemasan Kegiatan Akhir Pekan Masyarakat, yang terdiri dari spot dan booth edutainment yang aktif, adaptif serta edukatif, sehingga Kegiatan Akhir Pekan Masyarakat ini, mampu menggali segala potensi baik potensi tempat sebagai tujuan wisata kreatif, di Kampar Kiri, Provinsi Riau,” lanjut Syahrozie. Imbuhnya, diharapkan output dari kegiatan tersebut Kampar Kiri akan memiliki SDM bermutu, sarana dan prasarana yang mumpuni, industri yang ramah lingkungan dan berkelanjutan serta meningkatkan peran dan pertumbuhan industri jasa, pariwisata dan perdagangan.

Kegiatan ini menjalin kemitraan dan kebersamaan serta kerjasama antar lembaga/instansi, baik Pemerintah, dan
Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan sebagai institusi kearifan lokal masyarakat adat di Kampar Kiri, dan Korporasi/Perusahaan yang melakukan kegiatan usaha di wilayah Riau dan Kampar Kiri, serta memupuk semangat
kebangsaan di masyarakat untuk memperkuat ketahanan Nasional menghadapi tantangan global.

Ada pun tujuan dari penyelenggaraan kegiatan Festival Gunung Sahilan 2022,
antara lain;
1. Mempererat tali persaudaraan sesama warga masyarakat di wilayah Riau dan Kampar Kiri.
2. Memeriahkan peringatan ulang tahun ke-5 penobatan Seri Paduka Yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan sebagai institusi Adat yang merupakan perwujudan kearifan lokal masyarakat Kampar Kiri.
3. Melestarikan adat budaya dan minat masyarakat terhadap kesenian tradisional
Kampar Kiri.
4. Mendukung pelestarian tradisi dan kearifan lokal adat budaya di Kampar Kiri.
5. Mengangkat dan mengenalkan potensi wisata sejarah selain potensi wisata alam di Kampar Kiri.
6. Membangun kreativitas dan kebersamaan di masyarakat.
7. Memupuk jiwa sportifitas dalam kegiatan lomba yang diselenggarakan.
8. Meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi diantara masyarakat
yang berpartisipasi dalam setiap perlombaan.
9. Mendukung program-program wisata “Ayo ke Riau”, yang telah dicanangkan pemerintah Provinsi Riau, khususnya pemerintah Kabupaten Kampar.
10. Memupuk semangat kebangsaan antar generasi untuk memperkuat ketahanan Nasional menghadapi tantangan global.

“Festival ini rencananya akan menjadi agenda tahunan,” ujar Syahrozie.
Lanjutnya, guna menyemarakkan kegiatan Festival Gunung Sahilan 2022, rangkaian acara yang akan menjadi agenda tahunan sebagai program Pusat Kegiatan Masyarakat, dengan bekerja sama dengan seluruh stake holder terkait, dengan rangkaian kegiatan meliputi :
1. Lomba permainan Sepak Takraw se Rantau Kampar Kiri.
2. Pementasan musik tradisional Kampar, Gondang Ogong.
3. Aksi Sosial Anak Sekolah di Gunung Sahilan.
4. Taman Rasa/Bazaar makanan khas Kampar Kiri.
5. Pameran Booth Stand lembaga-lembaga dan Korporasi di Riau.
6. Pelayanan Kesehatan masyarakat.
7. Lomba Photo Instagram.
8. Lomba Memanah Tradisional se Provinsi Riau.
9. Haul Raja-raja Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan.
10. Ziarah Makam Raja-raja Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan.
11. Pelantikan Laskar Dubalang Panglima Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan.
12. Pengukuhan perangkat Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan.
13. Acara Puncak dan penutupan Festival PKM Sahilan Art Week 2022 yang akan dilaksanakan 22 Januari.(Ibra /Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

20 komentar

News Feed