Pengelolaan Perbatasan Butuh Dukungan Lintas Sektoral

Nasional4,969 views

 

TANJUNG SELOR – Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Dalam Negeri Togap Simangunsong mewakili Menteri Dalam Negeri hadir pada acara Musrenbang RKPD Provinsi Kalimantan Utara tahun 2024, Senin (17/4/2023).

Dalam seluruh rangkaian penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah, Musrenbang RKPD Provinsi Kalimantan Utara merupakan suatu forum yang mempunyai arti penting dan menjadi forum strategis bagi pemangku kepentingan di Provinsi Kalimantan Utara.

“Melalui forum ini, seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi atas program, kegiatan, dan subkegiatan yang diusulkan untuk disepakati menjadi Rancangan Akhir (Rankhir) RKPD Provinsi Kalimantan Utara tahun 2024,” ungkap Togap dalam sambutannya.

“Peningkatan Keanekaragaman Industri dan Perdagangan Produk Unggulan Daerah” menjadi tema dari pelaksanaan Musrenbang Provinsi Kalimantan Utara yang diharapkan mendukung RKP tahun 2024 yaitu “Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Togap mengatakan Kalimantan Utara merupakan provinsi yang memiliki kecamatan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Terdapat 20 kecamatan Lokasi Prioritas yang tersebar di dua kabupaten perbatasan yakni, Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Malinau.

Pada kesempatan yang sama, Togap juga menyampaikan bahwa dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, diperlukan perbatasan negara yang kuat dan tangguh. Pemerintah memberikan komitmen terhadap hal tersebut melalui kebijakan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

“Pengelolaan perbatasan merupakan kegiatan lintas sektoral. Kuncinya ada pada koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan sinergi semua pemangku kepentingan, baik pusat, daerah, maupun masyarakat,” tegas Togap.

Menurut Togap, peran pemerintah pusat sangat penting dalam mewujudkan kawasan perbatasan sebagai beranda depan NKRI.

Namun demikian, tugas tersebut tidak hanya menjadi tanggung jawab pusat, tetapi juga peran para gubernur selaku wakil pemerintah pusat yang dibantu oleh bupati/walikota.

“Sangat diperlukan dalam mengkoordinasikan pelaksanaan pembangunan perbatasan berdasarkan pedoman pemerintah pusat dan prioritas pemerintah daerah,” ungkap Togap.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Utara menyampaikan beberapa isu strategis Provinsi Kalimantan Utara antara lain: masih rendahnya kualitas dan daya saing sumber daya manusia; kondisi geografis dengan bentang alam yang luas menyebabkan rendahnya daya saing dan tingginya kesenjangan antarwilayah; belum optimalnya pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan; serta rentannya ketahanan ekonomi daerah sebagai kawasan perbatasan dalam menghadapi persaingan global.

Selain itu, masih rendahnya aksesibilitas dan dukungan penyediaan layanan infrastruktur dasar yang merata dan terintegrasi serta belum optimalnya tata kelola dan pelayanan pemerintahan yang terlihat dari penilaian indeks reformasi birokrasi dan indeks pelayanan publik secara umum yang masih memerlukan perbaikan.

Sebagai penutup, Togap menyampaikan bahwa penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah perlu tetap memperhatikan kebijakan-kebijakan antara lain: pengendalian inflasi, penghapusan kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, realisasi APBD, pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 serta penyusunan RPJPD dan pelaksanaan Musrenbang RPJPD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1,099 komentar

  1. To understand actual rumour, dog these tips:

    Look fitted credible sources: https://ceramicinspirations.co.uk/articles/what-happened-to-scott-on-fox-59-news.html. It’s high-ranking to guard that the newscast source you are reading is reputable and unbiased. Some examples of reputable sources categorize BBC, Reuters, and The Different York Times. Interpret multiple sources to stimulate a well-rounded sentiment of a particular low-down event. This can improve you return a more complete facsimile and avoid bias. Be cognizant of the perspective the article is coming from, as set good hearsay sources can be dressed bias. Fact-check the information with another commencement if a news article seems too unequalled or unbelievable. Forever make persuaded you are reading a current article, as scandal can change quickly.

    By means of following these tips, you can befit a more au fait scandal reader and more intelligent apprehend the cosmos around you.

  2. このように日常生活で取り入れやすい点が好感され、「欧米諸国ではシェア率No.1」という状況もあります。 バルデナフィル錠はレビトラのジェネリックとして発売された勃起不全治療剤です。陰茎海綿体平滑筋を弛緩させ、海綿体洞への血液量を増加させることにより、陰茎を勃起、維持させます。 永尾光一(東邦大学泌尿器科教授 リプロダクションセンター長) 岡山ユナイテッドクリニックでは、レビトラジェネリックの「バルデナフィル錠」の処方を行っております。 ED治療薬は飲み方を間違えると重い副作用が!日本語の説明書が付いたジマトラなら、安全に使えるだろう バルデナフィル(レビトラジェネリック)とは、日本の厚労省から認められた正規のレビトラのジェネリック医薬品です。
    https://news2.ru/profile/gaubarktiku1971/
    このページの詳細は、下記サイトを参考にさせて頂いております。 浜松町第一クリニック 竹越昭彦院長 監修 価格がネックとなってレビトラジェネリックの購入を迷っている方も、個人輸入であれば気軽に購入することができます。 当院では初診料・再診料は不要で、薬代のご負担のみで気軽に治療を始めていただけます。当院で取り扱っている薬は下記の3種類です。正規の流通経路を経た医薬品ですので、安心してご利用ください。 ED治療薬バイアグラ・シアリス・レビトラや早漏、育毛、避妊、性病、睡眠治療のジェネリック医薬品を多数取り揃えております。 このページの詳細は、下記サイトを参考にさせて頂いております。