Pernyataan dan Himbauan IA-ITB Menyambut Pemilu 2024

Pilpres183 views

Salam Ganesha!!

Sebelumnya beredar di media sosial video berdurasi pendek yang menyatakan dukungan terhadap salah satu Capres – Cawapres 2024. Dalam video itu tertulis “mengklaim” struktur pengurus Ikatan Alumni ITB (Institut Tekhnologi Bandung).

Melalui komunikasi telepon kepada redaksi, Selasa malam (28/11/2023), Ketua Umum IA-ITB, Akhmad Syarbini menyampaikan bahwa:

Pihaknya dalam hal ini Organisasi IA-ITB, menyikapi munculnya berbagai klaim berupa pernyataan dukungan mendukung pasangan calon presiden-wakil presiden oleh pihak yang mengatasnamakan Ikatan Alumni Perguruan Tinggi, kami Ikatan Alumni ITB (IA-ITB), pihaknya mengingatkan bahwa Organisasi Ikatan Alumni adalah komunitas intelektual yang mengemban misi untuk mendukung kemajuan bangsa melalui cara-cara yang elegan dan non-partisan, dengan senantiasa menjunjung tinggi keluhuran budi pekerti, menjaga tatanan budaya dari perbuatan tercela, sehingga proses suksesi kepemimpinan bangsa melalui Pemilu dapat berlangsung secara jujur dan adil.

Sejalan dengan asas, tujuan, dan prinsip penyelenggaraan Pemilu di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan, serta merujuk AD ART IA-ITB, bersama ini kami menyampaikan sikap sebagai berikut:

1. Kami Ikatan Alumni ITB (IA-ITB) mendukung berlangsungnya proses Pemilu 2024 agar berjalan dengan demokratis, jujur, adil, dan akuntabel agar pemilu menghasilkan perbaikan kehidupan rakyat dan kemajuan bangsa.

2. Bahwa Organisasi IA-ITB dalam pemilu dan pilpres 2024 bersikap netral, tidak berpihak,
tidak condong ataupun mendukung salah satu pasangan calon.

3. Bahwa semua pimpinan dari organisasi ikatan alumni perguruan tinggi supaya teguh menjaga marwah, menjauhkan diri dari klaim yang mengatasnamakan organisasi dengan membawa gerbong organisasi alumni dari kepentingan politik praktis.

4. Menjunjung tinggi hak pribadi, dan membebaskan masing-masing individu alumni untuk berpartisipasi dan atau tetap bersikap kritis terhadap semua pasangan calon dan jalannya proses pemilu.

5. Kami menghimbau kepada seluruh aparat negara baik dari kalangan pejabat tinggi sampai
pegawai di lingkungan ASN, TNI, dan Polri agar menjaga netralitas pada Pemilihan Umum 2024.

Demi Tuhan, Bangsa, dan Almamater.

Jakarta, 27 November 2023

Pengurus Pusat IA-ITB.

Ketua Umum, Akhmad Syarbini.

Sekretaris Jendral, Hairul Anas Suaidi.