oleh

Purnomo Yusiantoro Ingin Budayakan Bela Negara

-Nasional-3.046 views

KESBANG.COM, JAKARTA – Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) sekaligus mantan Menteri Pertahanan (Menhan) RI era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Prof Purnomo Yusgiantoro menyebut bahwa bela negara bukan sebuah sistem militerisis atau hanya menjadi milik militer semata, namun juga kebutuhan semua warga mengingat bela negara sesungguhnya adalah media untuk menumbuhkan  rasa cinta tanah air warga kepada bangsa dan negaranya sendiri.

“Bela negara merupakan aktualisasi dari Pancasila, UU 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucapnya saat menyampaikan pidato kunci dalam seminar nasional tentang pertahanan kerjasama Akademi Militer (Akmil) dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes) di Gedung Lily Rochli Komplek Lembah Tidar Akmil Magelang, Rabu (20/9).

Menurutnya, meski program bela negara belum diundangkan atau menjadi UU, namun program tersebut saat ini sudah mulai berjalan. Kendati demikian, pihaknya berharap penuh agar seluruh lapisan berprofesi punya semangat untuk melaksanakan bela negara.

Dijelaskan, saat ini Indonesia telah memiliki tiga kampus yang membuka Program Studi Bela Negara. Yakni UPN Veteran Jakarta, UPN Veteran Jogyakarta dan UPN Veteran Surabaya. Secara gamblang, Purnomo ingin agar ke depan bela negara dapat masuk dalam kurikulum semua kampus atau perguruan tinggi, yakni dengan menjadi sebuah sistem kredit semester (SKS).

“Munculnya aksi serta terorisme dan gerakan radikal di Indonesia sejauh ini, berdasar penelitian disebabkan oleh tidak adanya pehamaman akan bela negara itu sendiri di kalangan masyarakat,” pungkasnya. (van)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed