RESPON ISU AKTUAL KETUA MPR RI BAMBANG SOESATYO

Nasional1,816 views

1. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mulai menerbitkan KTP digital sebagai pelengkap KTP elektronik fisik, untuk memudahkan masyarakat dalam banyak urusan. Respon Ketua MPR RI:

A. Mendorong pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk lebih memasifkan sosialisasi terkait program KTP digital dan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) baik kegunaan maupun cara mengakses KTP digital tersebut. Sehingga diharapkan, masyarakat luas dapat mengetahui cara penggunaan aplikasi IKD, tujuan serta manfaat dari KTP digital dimaksud. Pasalnya, masyarakat belum banyak yang mengetahui dan memahami terkait program KTP digital tersebut.

B. Meminta pemerintah melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar sebelum menerapkan program KTP digital, sebaiknya pemerintah terlebih dahulu memperkuat sistem keamanan aplikasi IKD agar tidak terjadi kebocoran data pribadi ataupun mencegah upaya pembobolan data oleh _hacker_.

C. Meminta pemerintah untuk juga mengevaluasi efektivitas dari program KTP digital tersebut, mengingat begitu luasnya wilayah Indonesia dan tidak semua penduduk memiliki _smartphone_ untuk bisa membuat dan mengakses KTP digital.

2. Perkawinan anak menjadi salah satu isu pembangunan sumber daya manusia/SDM di Indonesia. Terlebih, saat ini kasus kawin muda atau perkawinan anak masih sering terjadi, bahkan salah satunya berdampak pada tingginya risiko stunting. Respon Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah pusat, melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional/BKKBN, dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia/KPAI, serta Kantor Urusan Agama untuk membahas jalan keluar dari perkawinan anak secara konprehensif, agar UU Perkawinan dapat berlaku secara efektif. dan meminta KUA agar menolak setiap pengajuan pernikahan yang belum memenuhi usia perkawinan sebagaimana diatur dalam UU. untuk itu instansi terkait agar membuat program-program yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mencegah perkawinan usia anak, sehingga masyarakat, utamanya orang tua dapat membantu mengarahkan anak mereka untuk menikah di usia yang sudah matang, dan anak dapat memahami baik buruknya menikah diusia dini.

B. Meminta DPR RI dan DPRD untuk melakukan pemantauan terhadap implementasi dari Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perkawinan, yang salah satu pasalnya menyatakan batas usia minimal untuk menikah bagi laki-laki dan perempuan adalah 19 tahun, sehingga ketentuan tersebut menjadi dasar bagi KUA untk memberikan izin menikahkan, dan masyarakat harus mematuhi karena masyarakat dianggap tau UU sesuai asas perundang-undangan yang berlaku.

C. Meminta instansi terkait berkomitmen dalam melaksanakan UU No 16 tahun 2019 disamping memenuhi hak-hak dan perlindungan anak, termasuk dalam pengembangan diri mereka, agar mereka memiliki masa depan yang cerah bagi nusa dan bangsa.

D. Meminta pemerintah melakukan upaya yang solutif dan bersifat preventif dalam menangani polemik kawin muda dan perkawinan anak, dikarenakan persoalan kawin muda dan perkawinan pada anak masih menjadi tantangan baik secara antropologi maupun secara adat, pencegahan perkawinan usia anak tersebut berkorelasi dengan percepatan penurunan tengkes di Indonesia yang akan berkaitan dengan isu pembangunan SDM di Indonesia.

3. Proyek Food Estate dinilai masih banyak mengenyampingkan beberapa hal dalam perencanaan bahkan pelaksanaan, khususnya dalam hak atas pangan dan gizi masyarakat. Respon Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah mengevaluasi terkait proyek food estate yang selama ini dijalankan, dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan, agar hak atas pangan dan gizi masyarakat terpenuhi, disamping untuk mengetahui aspek-aspek atau faktor yang masih kurang atau perlu kembali digalakkan.

B. Meminta pemerintah, untuk menyelenggarakan program Lumbung Pangan atau Food Estate tersebut, dapat melibatkan masyarakat setempat sehingga hak masyarakat atas pangan dan nilai gizi dalam program food estate dapat lebih jelas dan terarah, juga dapat memenuhi keinginan pasar.

C. Meminta pemerintah berfokus pada tujuan utama dibentuknya Food Estate yaitu sebagai solusi untuk menghadapi krisis pangan sebagai salah satu dampak dari pandemi covid. MPR meminta agar pemerintah dengan adanya Food Estate ini dapat mencegah timbulnya dampak buruk kesehatan dan berbagai persoalan sosial saat ini.

D. Meminta pemerintah mempertimbangkan sistem pangan yang sangat beragam dalam masyarakat dan dengan pelaksanaan program Food Estate, pemerintah dapat menjamin pembukaan lahan untuk Food Estate ke depannya tidak berdampak pada penurunan ekosistem lingkungan hidup.

E. Meminta pemerintah agar dalam program Food Estate, tidak hanya menanam padi atau bergantung pada satu jenis komoditas tertentu saja, namun juga pada keragaman tanaman hortikultura lain, seperti jeruk, kelapa, bahkan pemenuhan protein lain, seperti ikan dan itik.

4. Hujan deras dengan intensitas tinggi selama beberapa hari terakhir yang melanda sejumlah wilayah, mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin kencang, hujan es hingga tanah longsor di sejumlah kota besar di Indonesia. Respon Ketua MPR RI:

A. Mengingatkan seluruh pihak agar selalu waspada terhadap segala potensi bencana yang mungkin terjadi kapanpun dengan selalu memperhatikan informasi cuaca dari BMKG, khususnya saat memasuki puncak musim hujan. Oleh karenanya, masyarakat harus tetap siaga dan mempersiapkan diri dalam menghadapi kemungkinan yang terjadi, disamping tetap memantau atau mengupdate informasi terkait cuaca maupun kebencanaan yang dikeluarkan oleh pemerintah atau lembaga resmi.

B. Meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk selalu siap siaga mengantisipasi potensi-potensi bencana di sejumlah wilayah, dengan melakukan intervensi dan terus mempersiapkan langkah-langkah mitigasi bencana yang terstruktur, yang diharapkan dapat meminimalisir kerugian dan korban jiwa akibat bencana.

C. Meminta pemerintah bersama BNPB agar sudah mengantisipasi wilayah-wilayah yang memiliki potensi tinggi terjadinya bencana, sehingga dapat dilakukan langkah tepat dalam penanggulangan bencana yang diupayakan pemerintah utamanya di wilayah dengan risiko tinggi bencana.

D. Meminta BMKG bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan untuk menyampaikan informasi kondisi cuaca terkini, kepada setiap pengelola transportasi laut agar mewaspadai sekaligus memberikan peringatan dini yakni perihal keselamatan berlayar ditengah gelombang laut yang relatif tinggi dampak dari puncak musim hujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

26 komentar

  1. Разрешение на строительство — это официальный акт, выписываемый полномочными структурами государственного управления или субъектного руководства, который разрешает начать строительную деятельность или производство строительных операций.
    Разрешение на строительство предписывает законодательные принципы и условия к строительству, включая допустимые категории работ, разрешенные материалы и приемы, а также включает строительные нормативные акты и комплекты безопасности. Получение разрешения на строительную деятельность является необходимым документов для строительной сферы.

  2. Быстровозводимые строения – это прогрессивные строения, которые отличаются громадной быстротой установки и гибкостью. Они представляют собой сооруженные объекты, заключающиеся из предварительно произведенных составных частей либо узлов, которые способны быть скоро смонтированы в участке развития.
    Быстровозводимые здания из сэндвич панелей обладают гибкостью и адаптируемостью, что дозволяет легко преобразовывать и модифицировать их в соответствии с запросами клиента. Это экономически эффективное и экологически устойчивое решение, которое в последние годы приобрело маштабное распространение.

  3. 37078 21492Youre so proper. Im there with you. Your blog is surely worth a read if anyone comes throughout it. Im lucky I did because now Ive obtained a complete new view of this. I didnt realise that this issue was so important and so universal. You totally put it in perspective for me. 608091

  4. 245285 341131Greetings! Quick question thats completely off subject. Do you know how to make your website mobile friendly? My website looks weird when browsing from my apple iphone. Im trying to locate a template or plugin that may be able to correct this issue. Should you have any suggestions, please share. With thanks! 61402

  5. 89046 590793An intriguing discussion will probably be worth comment. I think that you merely write considerably a lot more about this topic, it may well become a taboo topic but generally consumers are inadequate to communicate in on such topics. To one more. Cheers 587689

  6. 153909 765036This is an outstanding write-up and I entirely recognize where your coming from inside the third section. Perfect read, Ill regularly follow the other reads. 943146

  7. 830219 178272Hello, Neat post. There is an problem along along with your site in internet explorer, could test thisK IE still may be the marketplace leader and a huge portion of other people will miss your magnificent writing because of this issue. 376771

  8. 919268 692960Cheapest player speeches and toasts, or perhaps toasts. continue to be brought about real estate . during evening reception tend to be likely to just be comic, witty and therefore instructive as effectively. best man speeches free of charge 876828

News Feed