oleh

Roy Suryo: Pemerintah Pusat Rugi Jika Tak Dukung Formula E Jakarta

-Nasional-3.592 views

JAKARTA — Formula E 2022 seri Jakarta, event balap mobil listrik jenis sasingle seater open wheel itu akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, 4 Juni mendatang.

Sayangnya, Pemerintah pusat tidak mendukung gelaran tersebut. Bahkan sejak awal Pemerintah cenderung menghalangi-halangi dengan tidak menyetujui kawasan Monas dijadikan sebagai venue balap mobil kursi tunggal bertenaga listrik tersebut.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo menilai pemerintah tidak adil dalam memperlakukan ajang balap mobil Formula E Jakarta dengan MotoGP Mandalika, Lombok, beberapa waktu lalu.

Hal ini terkait belum adanya perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi sponsor Formula E. Di samping itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno juga tidak gencar mempromosikan seperti yang dilakukannya untuk MotoGP Mandalika.

“Inilah bukti ketidakobjektivitasan Pemerintah yang sangat picik. Mulai dari tempat yang dulunya Monas sudah sedemikian rupa diganjal dengan alasan macam-macam hingga sekarang. Sangat tidak apple-to-apple bila dibanding dengan MotoGP di Mandalika, yang bahkan semua potensi negara dikerahkan untuk mendukungnya. Tidak hanya BUMN, juga TNI-Polri sampai ke ‘dagelan tidak lucu’ pawang hujan gadungan bernama Rara,” ungkap Roy dikutip KBA News,Kamis, 2 Juni 2022.

Dukungan pemerintah, katanya, sangat penting. Karena Formula E bukan sekadar balapan. Tapi juga sebagai bagian dari upaya mengangkat industri mobil listrik sekaligus kampanye penggunaan mobil listrik untuk mengurangi ketergantungan pada energi konvensional dan beralih ke energi ramah lingkungan.

“Formula E adalah race masa depan. Saya bahkan sempat ramalkan bahwa ke depannya semua race mulai Formula 1, 2, 3 sampai MotoGP bahkan Trail & Offroad akan beralih ke “E” alias electric atau listrik,” paparnya.

“Indonesia bahkan sudah bermimpi jadi produsen baterei kendaraan listrik di masa depan. Seharusnya sangat support ajang Formula E ini. Bukan malah terkesan ‘memboikoit’ hanya karena gara-gara kalah cepat event ini diambiil oleh Mas Anies,” sambungnya.

Karena itu, katanya lagi, Pemerintah Pusat rugi besar kalau tidak mendukung gelaran Formula E ini. “Sebab ini adalah masa depan seiring dengan makin menipisnya bahan bakar dari fosil dan bagaimana cara manusia mempertahankan alamnya dengan energi baru dan terbarukan sekaligus ramah lingkungan,” tekannya lagi.

Walaupun dia tidak menampik bahwa tidak adanya dukungan Pemerintah Pusat tersebut lebih bersifat politis. Karena penyelenggara dan insiator pelaksanaan ini adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Karena itu dia sampai berprasangka buruk andai Gubernur DKI Jakarta adalah Basuki T. Purnama, dia yakin Pemerintahan Jokowi akan mendukung penuh seperti saat MotoGP Mandalika.

“Sampai-sampai ASN ‘dikerahkan’ untuk membuat ‘acara’ di sana (Mandalika) selama event tersebut berlangsung waktu itu dan bahkan membeli tiketnya meski akhirnya malu ketahuan dan diralat,” tandasnya.

Sebelumnya Vice Managing Director Formula E Jakarta Gunung Kartiko mengungkapkan ada tujuh perusahaan swasta domestik yang menjadi sponsor gelaran Jakarta E Prix.

Dia memastikan bakal terus bertambah jumlah sponsor Formula E Jakarta. Lantaran masih ada beberapa perusahaan yang melakukan penandatangan kontrak kerja dengan penyelenggara.

Namun, Gunung yang berbicara pada Minggu 29 Mei 2022, mengaku sampai kini belum ada perusahaan BUMN yang menjadi sponsor. “Jadi BUMN belum ada,” ungkap Gunung.

Sementara itu saat ini netizen dia media sosial ramai menyoroti Menteri Sandiaga yang tidak gencar mempromosikan Formula E. Bahkan terkesan tidak mendukung.

Namun Ketua Umum Rumah Sandiuno Indonesia (RSI), R. Sanny A. Irsan, menepis tudingan tersebut.

“Formula E adalah salah satu yang menjadi pusat perhatian Mas Menteri. Bahkan dari jauh hari beliau sudah berkoordinasi dengan Ketua IMI (Ikatan Motor Indonesia) Pusat agar permasalahan yang timbul saat itu bisa diselesaikan segera,” jelasnya. (otonominews)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

0 komentar

  1. What’s up to every single one, it’s in fact a good for
    me to go to see this web site, it contains important Information.

    My web-site; coupon codes india (Verla)

  2. Услуги психолога. Психологи онлайн Приглашаем вас на консультации детского психолога.
    Приглашаем вас на консультации
    детского психолога. Онлайн консультация.
    Психотерапия онлайн! Психолог Онлайн.
    Психотерапия онлайн!

  3. Метод системных семейных расстановок.

    Структурные расстановки Метод семейных
    расстановок по Берту Хеллингеру.

    Системные перестановки. Системно-феноменологический
    подход. Глубинные системные расстановки.

    Системно-феноменологическая психотерапия.

  4. I am also commenting tips to answer the gamsat questions (Gabriella) make you know what a impressive experience my wife’s girl found reading your web site.
    She even learned lots of details, including how it is like to have
    a wonderful coaching heart to have many others easily grasp a variety of tricky issues.

    You undoubtedly did more than our desires. Many thanks for distributing those useful, trustworthy,
    educational and cool guidance on that topic to Kate.

  5. I precisely needed to appreciate you all over again. I do not know the things I might have created without the type of aspects revealed by you regarding my area of interest.
    Certainly was a terrifying concern for me, but seeing a skilled manner you processed it made me to
    weep over contentment. I am just happier for the information and in addition sincerely hope you comprehend what a
    powerful job that you are carrying out instructing most people all through your
    webpage. I am sure you’ve never met all of us.

    Stop by my blog post – hp0-j23 exam, Shawna,

  6. I’m commenting to let you know what a incredible experience my friend’s child went through studying the blog.
    She mastered such a lot of issues, which included what it’s like to have
    an amazing giving nature to let other people very easily completely grasp some hard to do things.
    You undoubtedly exceeded my desires. I appreciate you for supplying
    these warm and helpful, safe, educational and in addition unique
    guidance on that topic to Emily.

    Also visit my website … exam techniques

News Feed