oleh

Sampaikan SK PW Banten, Eko Pranoto : Provinsi Banten potensial salah satu barometer Nasional PMI

-Opini, Redaksi-685 views

Tangerang, Sabtu (08/01/2022) Bertempat di Resto Lesehan Anto Sea Food, Neglasari Tangerang, hadir bersama-sama Sekjend Federasi Buruh dan Pekerja Patriot Pancasila Capt. Hariman Siregar, SH.MH, Wakil Ketua Pengurus Pusat Serikat Pekerja Migran Indonesia Patriot Pancasila (SPMI PP) Eko Pranoto yang hadir mewakili Ketua Umum didampingi Sekretaris Umum Fathan, Waka 3 Usolli, Wabendum Sri Naswita dan jajaran pengurus lainnya menyerahkan SK Kepengurusan Wilayah Provinsi Banten, diterima langsung oleh Ketua terpilih Panca dan Sekretarisnya Syarif Hidayatullah bersama jajaran pengurus.

Dalam sambutannya setelah menyerahkan SK, Eko Pranoto menyatakan pentingnya PW Banten untuk mempelajari dan memahami secara mendalam UU nmr 18 th 2017, Peraturan Pemerintah berikut turunannya, Kemnaker dan Keputusan BP2MI terkait CPMI /PMI , terlebih ketenagakerjaan terkait 17 Departemen dalam pemerintahan. “Harapannya adalah, PW SPMI PP Banten bisa menjadi salah satu barometer Nasional dalam perlindungan terhadap pekerja Migran,”ujar Eko.

Sementara itu Sekjend Federasi Buruh dan Pekerja Patriot Pancasila Capt. Hariman Siregar, SH., MH. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kepengurusan SPMI pada masing-masing jajarannya bersifat kolektif kolegial karena itu penting pada saat pelantikan nanti sekaligus agar diselenggarakan Up Grading Pengurus agar ada penyamaan persepsi serta masing-masing posisinya memahami dan menguasai job description. Sehingga bisa beraktivitas secara organisatoris.

Terkait hubungan dengan struktur Pemuda Pancasila hanya bersifat koordinatif karena UU yang mengaturnya berbeda. Artinya bukan di bawah secara langsung, sehingga tidak ada pelaporan aktivitas pada struktur sejajar, kecuali level Pimpinan Pusat yang harus melaporkan kepada Federasi serta Badan Buruh dan Pekerja DPP PP.

Koordinasi yang dimaksud adalah agar jaringan dan kader-kader yang dimiliki Pemuda Pancasila sampai struktur terbawah digunakan agar turut memudahkan kinerja SPMI.
Oleh karena itu, SK yang disampaikan hari ini agar tembusannya disampaikan ke PW Pemuda Pancasila Provinsi Banten untuk diketahui.

Ketua PW SPMI Banten, Panca menyampaikan bahwa setelah ini, hal yang utama dilakukan adalah sosialisasi sekaligus penyiapan jaringan struktur untuk Kabupaten /Kota se-Banten, sekaligus menyatakan kesanggupannya untuk menyelenggarakan Up Grading Pengurus saat pelantikan nanti. “Saya optimis, buruh migran asal Banten akan kita berikan pembinaan sebelum diberangkatkan, bantuan dan perlindungan seoptimal mungkin, dimana, sampai dengan saat ini belum ada Serikat Pekerja Migran yang memikirkan sejauh itu, termasuk terhadap keluarga yang ditinggalkan, “ujar Panca.

Dalam kesempatan dialog, Herwin salah satu Waka Pengurus Pusat SPMI menyarankan untuk diterbitkan buku saku yang memuat AD /ART SPMI PP, juga peraturan-peraturan terkait ketenaga kerjaan khususnya yang terkait Pekerja Migran, sehingga memudahkan pemahaman pengurus. (ibra/endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed