oleh

Undang Para Bupati, Nelson Pomalingo Ingin Mewarnai IKN Dengan Tanaman Kelapa

-Opini-95.837 views

JAKARTA, — Ketua Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek), Dr. Ir. Nelson Pomalingo mengatakan akan mewarnai Ibu Kota Negara (IKN) dengan tanaman kelapa karena hidup dimana-mana.

“Tidak ada daerah satu pun yang tidak punya kelapa di Indonesia ini. Seluruh Indonesia pasti ada kelapa, yang berbeda hanya jumlah dan jenisnya,” ujar Nelson kepada wartawan, Rabu (20/2/2022).

Kedua, katanya, yang jadi problem IKN persoalan sisi lingkungan. Maka penanaman yang akan dilakukan sebagai identitas nusantara karena kelapa bisa menyimpan air.

“Maka, dalam rangka pelestarian lingkungan melalu penananam kelapa sebagai warna IKN, saya akan mengundang para bupati penghasil kelapa untuk membawa jenis kelapanya ditanam disana,” ungkapnya.

Menurutnya, IKN sudah menjadi keputusan politik berarti keputusan rakyat karena yang memutuskan adalah para wakil rakyat. “Disisi lain pemerintah juga begitu semangat, terutama Presiden Jokowi melahirkan IKN,” kata Nelson yang juga Bupati Gorontalo.

Disisi lain, katanya, kelapa adalah perkebunan dari sisi ekonomis luar biasa, apalagi dengan minyak goreng dari sisi historis terjadinya penjajahan Belanda salah satunya perkebunan, salah satunya kelapa.

Sedangkan dari sisi sosiologis, sebutnya, kelapa itu dibutuhkan manusia di Indonesia. Dari lahir sampai meninggal, daun kelapa untuk pernikahan. Bahkan sumpah kelapa karena kelapa. “Hingga kita lihat juga kelapa ada di Thailand, Malaysia,” pungkasnya. (Sfn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

11.052 komentar